Artikel kali ini akan memberikan cara membukat file ISO Windows 10 dari file SmartVersion (SVF). Cara ini menambah serangkaian opsi untuk membuat Windows 10 selain melalui ESD ataupun UUP, meskipun cara melalui SVF ini tidak sefleksibel cara lainnya karena perlu file SVF yang tepat sesuai dengan skenario yang ingin dilakukan.

Konsep dari file SVF ini adalah untuk membuka file ISO baru dari pengabungan antara file SVF dengan ISO Windows 10. Hal ini tentu dapat menghemat konsumsi bandwidth karena tidak perlu mengunduh ISO Windows 10 secara keseluruhan.

Bahan-bahan

  • SVF Extractor.
  • File SVF, disini saya menggunakan:
    en_windows_10_business_editions_version_2004_updated_may_2020_x64_dvd_aa8db2cc_to_en_windows_10_consumer_editions_version_2004_updated_may_2020_x64_dvd_36d61c40.svf
  • File ISO, disini saya menggunakan:
    en_windows_10_business_editions_version_2004_updated_may_2020_x64_dvd_aa8db2cc.ISO

Membuat ISO Windows 10 dari SmartVersion (SVF)

Sesuai dengan nama file SVF yang saya miliki, skenario yang ingin saya lakukan adalah mengubah Windows 10 versi 2004 edisi bisnis menjadi Windows 10 versi 2004 edisi consumer.

  1. Masukan semua bahan-bahan pada folder yang sama.
  2. Jalankan svfx.exe dengan Run as Administrator.
  3. Pertama pastikan nama file ISO yang tertera sama dengan file ISO yang kamu miliki, kamu bisa klik opsi Verify (1) untuk memastikannya. Jika keterangannya bertuliskan “Not found”, maka kamu perlu membukanya secara manual (2).
  4. Bagian bawah merupakan informasi file hasil dari pengabungan ISO dengan SVF. Tidak ada konfigurasi yang perlu kamu lakukan pada bagian ini jadi biarkan default saja.
  5. Klik opsi Extract pada bagian atas dan tunggu prosesnya hingga selesai sekitar 10 hingga 15 menit.
  6. Ketika proses selesai, kamu akan mendapati pesan berikut.
  7. Done.

Selanjutnya kamu akan mendapati file ISO yang diinginkan pada folder yang sama. Sebagai tambahan, kamu juga bisa memastikan apakah hasil file ISO tersebut serupa dengan yang ada di MSDN (untouch) atau tidak dengan menggunakan tool bantuan seperti Genuine ISO Verifier.

Credit to GezoeSloog for SVF Repositories, mkuba50 for SVF download script, MDL Forums

  TERBARU! Unboxing vivo V20 dan vivo V20 SE Indonesia!!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.