Jika kamu cukup aktif mengikuti perkembangan build Windows 10, maka artikel ini cocok untuk kamu. Biasanya ketika Microsoft merilis build baru, satu-satunya agar mendapatkan build tersebut adalah dengan melalui Windows Update (in theory), kecuali build tersebut sudah final dan siap dirilis ke publik yang mana dapat kamu download melalui halaman resmi Microsoft.

Meskipun demikian, terdapat beberapa cara alternatif agar kamu bisa mendapatkan build baru dari Microsoft, misalnya saja mendownload file ESD atau UUP kemudian membuat ISO secara manual.

Bicara soal UUP, WinPoin sebelumnya sudah memberikan tutorial mengenai cara mendownload dan membuat ISO dari file UUP. Tetapi kali ini, WinPoin akan membagikan cara yang lebih mudah lagi yakni dengan menggunakan UUPDump.

UUPDump ini merupakan tool buatan prakisi Windows dari forum MyDigitalLife. Singkatnya, tool ini dapat mendownload file UUP build yang dibutuhkan lalu membuat ISO secara mudah.

Proses

  1. Navigasi ke halaman resmi UUPDump.
  2. Kemudian kamu akan diberikan 2 pilihan, yakni ingin mendapatkan build terbaru atau lawas. Jika kamu ingin dapatkan build baru maka pilih opsi Fetch latest build.UUPDump – Download dan Buat ISO Windows 10 Lebih Mudah (1)
  3. Kemudian kamu hanya perlu memilih arsitektur OS, ring, build number of pretended (yang mana ini merupakan trik agar dapat mengecoh server Windows Update agar PC kamu teridentifikasi pada build berapa), dan Skip ahead (jika kamu ingin menggunakan RS_PRERELEASE). Jika sudah klik opsi Fetch updates.UUPDump – Download dan Buat ISO Windows 10 Lebih Mudah (2)
  4. Kemudian kamu akan melihat informasi build (berdasarkan respon dari server Windows Update), klik Next untuk melanjutkan proses.UUPDump – Download dan Buat ISO Windows 10 Lebih Mudah (3)
  5. Selanjutnya pilih bahasa yang kamu ingin gunakan. Jika sudah klik Next.UUPDump – Download dan Buat ISO Windows 10 Lebih Mudah (4)
  6. Selanjutnya pilih edisi yang kamu ingin gunakan. Jika sudah klik Next.UUPDump – Download dan Buat ISO Windows 10 Lebih Mudah (5)
  7. Langkah selanjutnya adalah mendownload file UUP, agar dapat membuat ISO secara otomatis (begitu proses download UUP selesai), pilih opsi Download using aria2 and then convert.UUPDump – Download dan Buat ISO Windows 10 Lebih Mudah (6)
  8. Ekstrak semua file pada sebuah folder.UUPDump – Download dan Buat ISO Windows 10 Lebih Mudah (7)
  9. Jalankan file aria2_download_windows. (aria2_download_linux untuk pengguna linux)
  10. Terakhir kamu hanya perlu menunggu proses download UUP serta mengubahnya menjadi ISO.UUPDump – Download dan Buat ISO Windows 10 Lebih Mudah (8)

Begitu selesai, hasil file ISO bisa kamu lihat pada folder yang sama. Selanjutnya kamu  bisa langsung menginstallnya dengan Burn ke DVD atau menggunakan Bootable Flashdisk.

UUPDump – Download dan Buat ISO Windows 10 Lebih Mudah (9)

Credit to all MDL member who participate in here.

  12+ Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Edge Chromium  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.