Berbeda dengan Windows 10, di Windows 11 tidak ada opsi Small Taskbar, dimana dengan itu ukuran-nya akan tetap/ fixed seperti itu, meski memang bukan menjadi sebuah masalah, namun bagaimanapun masih ada pengguna yang menginginkan taskbar berukuran kecil untuk menambah area kerja layar yang lebih luas.

Nah di Windows 11, sebenarnya mengubah ukuran taskbar atau memperkecilnya masih dimungkinkan ya, dengan catatan “untuk saat ini”, karena bisa saja, trik ini tidak akan berlaku jika Microsoft menghapus penuh fungsi tersebut, sama seperti kasus Di Windows 11 Insider Preview Build 22000.65, Kamu Tidak Bisa Aktifkan Start Menu Klasik dan Live Tiles Lagi!

Untuk saat ini, jika kamu ingin memperkecil ukuran taskbar di Windows 11, kamu bisa mengikuti bebrerapa langkah berikut.

Langkah 1. Pertama, silahkan kamu buka Registry Editor (Regedit).

Langkah 2. Selanjutnya, silahkan kamu masuk ke directory berikut:

HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advanced\

Langkah 3. Pada bagian Advanced silahkan kamu klik kanan > New > DWORD (32-bit) Value.

Selanjutnya, silahkan beri nama “TaskbarSi” tanpa tanda kutip.

Langkah 4. Untuk mengubah Taskbar menjadi berukuran kecil, silahkan klik kanan pada TaskbarSi yang baru saja kita buat > Modify.

Beri nilai 0 jika ingin Taskbar berukuran kecil, 2 jika ingin brukuran besar, dan 1 untuk ukuran normal.

Jika sudah selesai, silahkan simpan perubahan kamu, dan Restart Windows 11 kamu, maka setelah itu Taskbar akan disesuaikan dengan konfigurasi yang telah kamu lakukan sebelumnya.

Sebelum (berukuran normal)
Setelah (berukuran kecil)

Nah mudah bukan?, meskipun begitu, mungkin saja suatu saat nanti fitur ini akan dihilangkan, dan pengguna tidak bisa lagi mengubah ukuran taskbar, atau bisa saja kita justru bisa mengubah ukuran langsung dari halaman Settings, sama seperti Windows 10.

Mari kita tunggu saja perilisan resmi Windows 11 nanti diakhir tahun 2021 ini.

Referensi : Lifewire, thanks to : Failhogan via Twitter

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.