Secara default, kamu tidak bisa secara langsung menjalankan file script powershell (.ps1) dengan Administrator. Kamu diharuskan untuk membuka PowerShell as Administrator terlebih dahulu lalu mengeksekusi script tersebut.

Tentunya hal tersebut cukup merepotkan, terlebih bagi kamu yang sering menggunakan script powershell. Untuk mempermudah hal proses, kamu bisa menggunakan tweak melalui Registry Editor dibawah ini untuk menambahkan opsi ‘Run with PowerShell (Admin)’ pada konteks menu.

Baca juga:

Menambahkan Opsi ‘Run with PowerShell (Admin)’ pada Konteks Menu File .PS1

  1. Buka Registry Editor.
  2. Navigasi HKEY_CLASSES_ROOT\Microsoft.PowerShellScript.1\Shell.
  3. Pada subfolder Shell, klik kanan dan pilih New – Key. Kemudian beri nama Run with PowerShell (Admin).
  4. Pada subfolder Run with PowerShell (Admin), klik kanan dan pilih New – Key. Kemudian beri nama Command.
  5. Pada panel kanan subfolder Command, klik 2x pada key (Default) lalu beri value "C:\Windows\System32\WindowsPowerShell\v1.0\powershell.exe" "-Command" ""& {Start-Process PowerShell.exe -ArgumentList '-ExecutionPolicy RemoteSigned -File \"%1\"' -Verb RunAs}". Klik OK untuk menyimpan pengaturan.
  6. Done.

Setelah proses selesai (disini tidak membutuhkan proses restart), maka kamu akan mendapati opsi ‘Run as Admin’ ketika melakukan klik kanan pada script PowerShell.

  Smartwatch Terbaik dari Huawei..!! Huawei Watch GT 2 Pro Indonesia Unboxing + Review Singkat! 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.