Untuk beberapa kebutuhan tertentu, melihat kinerja dan beban CPU secara realtime memang kadang dibutuhkan, dan meskipun kita bisa menampilkan kinerja CPU dengan Taskmanager yang kita minimize di taskbar, namun tentu informasi mengenai CPU Usage tidak selalu ditampilkan setiap waktunya, dimana pengguna harus melakukan klik pada icon Task Manager terlebih dahulu.

Mengenai hal tersebut, tahukah kamu bahwa ada sebuah aplikasi bernama RunCat for Windows, yang mana aplikasi ini berfungsi untuk menampilkan CPU Usage (mirip seperti yang hadir di Taskmanager) secara realtime dan Always on Top.

RunCat for Windows sendiri untuk sekarang dapat kamu download di halaman GitHub berikut, selanjutnya aplikasi ini sendiri bersifat portable, dan kamu tidak perlu melakukan instalasi apapun, meski memang untuk membukanya, kamu harus memilih run anyway jika Windows Defender Protection menampilkan peringatan seperti pada gambar berikut.

Setelah dibuka RunCat for Windows akan langsung berjalan di System Tray, dimana secara default akan menampilkan kucing yang sedang berlari, namun kamu bisa mengubahnya menjadi gagak pada opsi > Runner > Parrot.

Ketika Mouse di Hover, disana akan menapilkan informasi berapa beban CPU Usage yang sedang berjalan, semakin cepat Runner belari, maka semakin berat beban CPU yang system gunakan, dan dengan itu kita bisa mengetahui dan memonitoring CPU Usage dengan cukup mudah.

Dan yah, meskipun memang aplikasi ini cukup simple dan bahkan tampak biasa saja, namun untuk kamu yang ingin menggunakan CPU Monitor dengan tampilan yang unik, RunCat for Windows bisa menjadi solusinya.

Silahkan deh kamu coba sendiri, dan jangan lupa silahkan berikan pendapatmu mengenai aplikasi ini dikolom komentar dibawah.

  ⚡️ OPPO Reno6 Indonesia: Unboxing + Hands on!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.