Sebuah pertanyaan yang tiba tiba datang dari salah satu pembaca WinPoin melalui DM ke akun Instagram saya, “apakah cocok untuk mengunakan Windows 10 LTSB 2016 ditahun 2021, apakah mendingan menggunakan versi LTSC 2019 saja seperti yang mas gunakan?”.

Tentu saya selalu menjawab pertanyaan seperti itu, dan dalam beberapa kasus pasti saya jadikan konten seperti ini sekaligus untuk saling berbagi informasi kepada pembaca yang lainnya, dan jawaban dari pertanyaan tersebut adalah “masih cocok”, selain Windows 10 LTSB 2016 dapat dikatakan adalah OS Windows 10 paling ringan saat ini karena bagaimanapun, versi ini berbasiskan dari versi 1607 Redstone 1 atau dulu kita kenal juga dengan Aniversary Update.

Jika kamu menggunakan perangkat lama dengan spesifikasi terbatas, dan tetap ingin menjalankan OS Windows 10, dan tidak terlalu peduli dengan fitur baru yang dihadirkan Microsoft, maka tentu Windows 10 Enterprise LTSB 2016 sangat cocok untuk kamu install.

Dukungan Update Masih Panjang

Meskipun Mainstream Update akan berakhir pada 12 Oktober 2021, Extended Update nya masih akan tetap berjalan hingga lima tahun lamanya, dan dukungan update sepenuhnya akan berakhir pada 13 Oktober 2026. Nah ini lah salah satu alasan kenapa saya suka versi LTSB / LTSC karena memang masa dukungan updatenya panjang.

Apakah OS Ini Stabil?

Pada dasarnya Windows 10 LTSB 2016 sudah dirilis lima tahun lalu, dan sudah banyak sekali mendapatkan update, baik update perbaikan bug, update security dan update lainnya, dan tentu dengan itu kestabilan sangat terjamin, terlebih karena memang versi LTSB / LTSC memang ditujukan untuk para pengguna yang ingin mendapatkan OS yang paling stabil untuk digunakan.

Kekurangan Dari Versi LTSB dan LTSC

Sesuai dengan curhatan saya dalam Suka Duka Menggunakan Windows 10 Enterprise LTSC, salah satu hal yang menjadi kekurangan dari versi LTSC atau LTSB adalah masalah lisensi, hal ini karena Microsoft memang tidak merilis versi ini untuk umum, maka tidak ada jenis lisensi Retail, melainkan hanya ada Volume License yang ditujukan untuk Commercial Licensing. Dengan kata lain, kamu tidak bisa membeli lisensi ini sembarangan.

Namun jika kamu adalah bagian dari sebuah perusahaan yang sudah membeli lisensi Windows 10 Enterprise LTSC, maka tentu masalah lisensi bukanlah sebuah masalah.

Mending Mana Versi LTSB 2016 atau LTSC 2019?

Jika kamu ingin memiliki sejumlah fitur yang dihadirkan di Windows 10 1809, yang mencakup (Clipboard History, File Explorer Dark Mode, dan lainnya), maka tentu versi LTSC 2019 adalah opsi terbaik, namun jika kamu ingin versi Windows 10 paling ringan untuk kamu gunakan, menurut saya nih ya, versi LTSB 2016 adalah yang terbaik untuk kamu gunakan.

Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan diatas dapat dikatakan bahwa menggunakan Windows 10 Enterprise LTSB 2016 masih cocok untuk kamu gunakan ditahun 2021 bahkan hingga lima tahun kedepan, dengan catatan kamu tidak terlalu membutuhkan sejumlah fitur Windows 10 terbaru. Namun jika ingin ada sejumlah fitur baru, tapi ingin tetap menggunakan Windows 10 LTSC maka, versi Windows 10 Enterprise LTSC 2019 adalah yang terbaik untuk kamu coba saat ini.

Baca Juga : Dukungan Windows 10 Hanya Sampai Tahun 2025

Pertanyaan lain, apakah versi LTSC dan LTSB bisa menggunakan lisensi bajakan (seperti kmsautoxxx dan kmspixx)?, setelah saya coba ternyata bisa juga, tapi sekali lagi saya tidak merekomendasikan kamu untuk menggunakan cara ilegal dengan activator seperti itu.

Nah itulah sedikit pencerahan mengenai jawaban dari pertanyaan tersebut, namun sekali lagi perlu diperhatikan bahwa artikel ini adalah opini dan berdasarkan pengalaman saya pribadi, silahkan berikan pengalamanmu dan pendapatmu dikolom komentar dibawah.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

  HP LOKAL INI MULAI BERANI NANTANG XIAOMI..!! 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.