Home PC Cara Mencegah Windows Melakukan Update pada Driver Tertentu

Cara Mencegah Windows Melakukan Update pada Driver Tertentu

Cara Mengecah Windows Melakukan Update pada Driver Tertentu (1)

Melakukan update pada driver tentunya merupakan hal yang penting, karena seiring adanya perbaruan pada sistem pada Windows, maka driver juga perlu melakukan update agar dapat berjalan dengan lancar.

Namun terkadang, ada kondisi yang tidak memungkinkannya driver untuk melakukan update. Dikarenakan alasan seperti jika driver tersebut melakukan update ke versi terbaru, maka versi terbaru tersebut tidak berjalan seperti seharusnya seperti pada versi lawas.

Maka dari itu kamu mungkin bisa coba tutorial ini untuk mencegah Windows untuk tidak melakukan update pada driver yang tidak kamu ingin download versi terbarunya.

Note : Jika kamu pengguna Windows 10 edisi Home. Maka kamu dapat mengaktifkan Group Policy terlebih dahulu sebelum menjalankan tutorial.

Mencegah Windows Melakukan Update pada Driver Tertentu

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengetahui Hardware Ids dari driver yang ingin kamu cegah untuk update.

  1. Navigasi ke Device Manager.
  2. Klik kanan pada driver yang ingin kamu update lalu pilih Properties.Tips Mencari Driver yang Tepat di Windows (1)
  3. Navigasi ke tab Details lalu buka menu drop down pada menu Property lalu pilih Hardware Ids.Tips Mencari Driver yang Tepat di Windows (2)
  4. Akan tertampil vendor id dari hardware tersebut, copy ke tempat lain (seperti notepad).
  5. Buka Windows Run (Win + R), kemudian ketikan gpedit.msc untuk membuka Group Policy Editor.Cara Mengecah Windows Melakukan Update pada Driver Tertentu (2)
  6. Navigasi ke Computer Configuration\Administrative Templates\System\Device Installation\Device Installation Restrictions.
  7. Pada panel kanan, klik 2x pada opsi Prevent installation of devices that match any of these devices IDs.Cara Mengecah Windows Melakukan Update pada Driver Tertentu (3)
  8. Klik opsi Enable lalu pilih opsi Show dan masukan ‘Hardware Ids’ yang tadi didapatkan, disini kamu juga bisa memasukan lebih dari satu ‘Hardware Ids’. Jika sudah klik OK dan OK lagi untuk menyimpan perubahan.Cara Mengecah Windows Melakukan Update pada Driver Tertentu (4)
  9. Tutup Group Policy Editor.

Itu dia cara untuk mencegah perbaruan pada driver tertentu di Windows. Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan bertanya melalui kolom komentar.

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.