Seperti yang telah dikabarkan sebelumnya, Google akhirnya meluncurkan sebuah fitur bernama Side Search yang mirip banget dengan fitur Sidebar Search di Microsoft Edge Chromium.

Nah karena baru diluncurkan di Google Chrome Canary, ada sejumlah langkah yang perlu kamu lakukan untuk mengaktifkan fitur ini, dan sejujurnya nih, fitur ini memang bermanfaat banget, terlebih jika kamu ingin melakukan pencarian sesuatu tanpa harus meninggalkan halaman web utama yang tengah kamu akses saat ini.

Penasaran bagaimana cara mengaktifkan Side Search di Google Chrome? berikut WinPoin rangkum langkah singkatnya.

Langkah 1. Pertama pastikan kamu telah mendownload dan menggunakan Google Chrome Canary versi terbaru.

Langkah 2. Selanjutnya silahkan kamu salin url berikut dan masukkan di address bar.

chrome://flags#side-search
chrome://flags#side-search-clear-cache-when-closed

Langkah 3. Setelah kamu paste pada Address bar dan kamu masuk pada halaman Flags Experimental, pastikan bahwa Side Search kamu set ke Enabled.

Setelah kamu set ke Enabled, silahkan kamu Relaunch Google Chrome Canary kamu. Dan jika semuanya sudah selesai, kini kamu akan mendapati tombol Toggle side search seperti pada gambar berikut.

Nah bagaimana sudah kamu coba?, tapi nih ada satu hal yang perlu kamu tahu, bahwa fitur ini untuk sekarang masih dirilis sebagai bagian dari A/B Testing jadi belum semua pengguna akan mendapatkan fitur ini.

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.