Cara Mengatur Fokus Audio pada Tab di Google Chrome (1)

Meskipun tergolong cukup boros dalam menggunakan memory, nyatanya Google Chrome masih menjadi salah satu browser terpopuler disamping Mozilla Firefox.

Google Chrome juga memiliki opsi experimental yang dalam artian merupakan sebuah fitur yang tersembunyi karena masih dalam tahap pengembangan. Fitur eksperimental ini dapat dicoba untuk meningkatan browser experience di Google Chrome, salah satunya adalah pengaturan fokus audio.

Fitur yang dinamai ‘Manage Audio Focus Across Tabs‘ ini, memungkinkan kamu untuk mute (mematikan) audio pada tab lain dan audio hanya berfokus pada tab yang sedang dibuka saja.

Mengatur Fokus Audio pada Tab di Google Chrome

  1. Kamu bisa langsung membuka pengaturan fokus audio dengan copy alamat berikut ke kolom URL.
    chrome://flags/#enable-audio-focus

    Cara Mengatur Fokus Audio pada Tab di Google Chrome (1)

  2. Kemudian, klik menu drop-down lalu ganti menjadi Enable.Cara Mengatur Fokus Audio pada Tab di Google Chrome (2)
  3. Terakhir, restart Google Chrome untuk mendapatkan perubahannya. Kamu dapat menutupnya (lalu membukanya kembali) atau dengan menggunakan opsi Relaunch yang terletak dibagian bawah browser.Cara Mengatur Fokus Audio pada Tab di Google Chrome (3)
  4. Done.

Perlu kamu ketahui, terdapat opsi Enabled (Flash lowers volume when interrupted by other sound, experimental) pada langkah nomor 2, bedanya opsi ini akan mengecilkan suara audio secara perlahan, berbeda dengan opsi diatasnya yang langsung mematikan audio.

Karena fitur ini masih eksperimen, jadi jangan heran jika sewaktu-waktu terdapat error / bug (semoga saja tidak terjadi).

That’s it!

  Aplikasi Favorit Tahun 2018  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.