Cara Mengetahui Komputer Kamu Pake BIOS atau UEFI

Beberapa saat yang lalu WinPoin sudah membahas tentang BIOS dan UEFI secara mendalam. Kedua firmware itu sangat dibutuhkan komputer, karena mereka mengatur hardware serta load dan start sistem operasi. (Baca: Inilah Pengertian BIOS dan Bagaimana Cara Kerja BIOS / Apa itu UEFI atau Unified Extensible Firmware Interface?)

Mungkin mendengar BIOS itu sudah tidak asing lagi di telinga kamu, tapi bagaimana dengan UEFI?? UEFI adalah singkatan dari Unified Extensible Firmware Interface, singkatnya ia pengganti BIOS. Firmware ini pertama kali dikenalkan oleh Intel Boot Initiative yang asalnya bernama EFI. Kemudian diambil alih oleh Unified EFI Forum dan dinamakan sebagai UEFI.

UEFI datang dengan boot manager yang mana tidak membutuhkan boot loader terpisah. Disamping itu memberikan kamu kecepatan untuk startup dan network yang lebih baik. Kebanyakan komputer Windows 8 datang dengan dukungan UEFI. Untuk mengetahui komputer kamu menggunakan BIOS atau UEFI, WinPoin akan memberikan tutorialnya.

 

Cara Mengetahui Komputer Kamu Pake BIOS atau UEFI

Pertama buka File Explorer atau Windows Explorer dan buka folder dengan alamat C:\Windows\Panther.

Setelah kamu di folder Panther, kamu bisa membuka file bernama setupact.log. Itu akan otomatis terbuka dengan Notepad.

Cara Mengetahui Komputer Kamu Pake BIOS atau UEFI

 

Ketika kamu sudah membuka setupact.log, tekan Ctrl+F dan ketikkan Detected Boot Environment pada window Find.

Cara Mengetahui Komputer Kamu Pake BIOS atau UEFI

 

Kalau kamu sudah menemukan Detected Boot Environment, kamu mungkin akan menemukan kata BIOS atau UEFI seperti di bawah ini.

Callback_BootEnvironmentDetect: Detected boot environment: BIOS

atau

Callback_BootEnvironmentDetect: Detected boot environment: UEFI

Cara Mengetahui Komputer Kamu Pake BIOS atau UEFI

 

Jika cara di atas terlalu rumit, kamu bisa menggunakan cara berikut ini, tekan Win+R dan ketikkan MSInfo32 dan tekan Enter. Dengan ini kamu akan membuka window System Information. Kalau Komputer kamu menggunakan BIOS, maka akan menunjukan Legacy. Jika menggunakan UEFI maka akan muncul UEFI.Cara Mengetahui Komputer Kamu Pake BIOS atau UEFI

 

Jika komputer kamu mendukung UEFI maka kamu memiliki Secure Boot, kamu tidak bisa menginstall sembarang OS kalau Secure Boot aktif. Jadi kalau kamu bisa memeriksa pakai BIOS atau UEFI, komputer kamu pake apa?

  Ada Apa di Apple WWDC 2018..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.