Serupa dengan warga negara yang memiliki KTP dan kendaraan yang memiliki NIK. Perangkat komputer atau Laptop juga memiliki serial number yang merupakan nomor unik dari setiap perangkat manufacture komputer PC atau Laptop yang diproduksi. Dengan menggunakan nomor unik sebagai identifikasi perangkat terkait, maka akan mendapatkan kemudahan ketika mencari driver yang tepat atau melakukan service pada Laptop / PC ke tempat service resmi.

Biasanya untuk menemukan Serial Number ini, kamu dapat melihatnya melalui bagian bawah laptop atau box fisik. Tetapi jika kamu menghadapi masalah dimana serial number pada box fisik tidak dapat terlihat ataupun hilang atau serial number yang tidak terbaca lagi dibagian bawah laptop, maka kamu dapat mengetahuinya melalui Windows dengan menggunakan cara-cara dibawah ini.

Melalui Command Prompt

  1. Buka Command Prompt
  2. Ketikan perintah wmic csproduct get identifyingnumber atau wmic bios get serialnumber.

Cara ini dapat dilakukan hanya jika OEM menyimpan serial number pada UEFI atau BIOS. Jika tidak maka hasil output yang keluar adalah tulisan To be filled by OEM.

Melalui PowerShell

  1. Buka PowerShell
  2. Ketikan perintah Get-WmiObject win32_bios | Format-List SerialNumber atau gwmi win32_bios | fl SerialNumber.

Cara ini dapat dilakukan hanya jika OEM menyimpan serial number pada UEFI atau BIOS. Jika tidak maka hasil output yang keluar adalah tulisan To be filled by OEM.

Melalui UEFI atau BIOS

Kamu bisa boot ke UEFI atau BIOS untuk melihat serial number pada komputer atau laptop dimana informasi mengenai serial number akan tertera pada Main atau System Information.

Melalui Microsoft Account

Jika komputer atau laptop menggunakan Windows 10, maka kamu dapat melihatnya secara online melalui halaman akun Microsoft. Tetapi hal ini hanya bekerja pada perangkat OEM saja.

  1. Login ke halaman device di akun Microsoft.
  2. Kemudian pilih perangkat yang kamu ingin ketahui serial numbernya.
  3. Selanjutnya klik opsi Info & support dan kamu dapat melihat informasi mengenai serial number.

Itu dia 4 cara yang dapat kamu lakukan untuk mengetahui serial number komputer dan PC melalui Windows. Semoga bermanfaat.

  Akhirnya Punya NFC..!!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.