Home PC Cara Mengganti Default Folder Screenshot di Windows 10

Cara Mengganti Default Folder Screenshot di Windows 10

menggantidefaultfolderscreenshot_1

Setelah kita sebelumnya membahas tentang beberapa cara yang dapat dilakukan untuk screenshot di Windows 10. Sekarang kita akan membahas cara untuk mengganti default folder screenshoot pada Windows 10.

Secara default, gambar yang tersimpan dari cara pengambilan gambar dengan menggunakan Shortcut ‘WinKey + PrtSc’ atau ‘Win+Fn+Prt Scr’ akan tersimpan di folder ‘Screenshoot‘ (C:\Users\%userprofile%\Pictures\Screenshots) seperti pada gambar diatas.

Tetapi terdapat cara untuk mengganti lokasi default screenshoot ini. Untuk itu kali ini WinPoin akan memberikan langkah-langkah untuk mengganti default folder di Windows 10.

Pertama navigasilah ke folder default dari screenshot tersebut, kemudian klik pada opsi ‘Properties‘.

menggantidefaultfolderscreenshot_2

Setelah terbuka klik tab ‘Location‘, untuk menggantinya klik ‘Find Target‘.

menggantidefaultfolderscreenshot_3

Selanjutnya adalah menentukan target dimana nantinya gambar-gambar tersebut akan tersimpan. Gunakan lokasi yang kamu inginkan lalu klik kanan pilih ‘Copy address as text‘.

menggantidefaultfolderscreenshot_4

Kemudian paste link tersebut pada bar kemudian klik Apply.

menggantidefaultfolderscreenshot_5

Sebelum perubahan terjadi akan ada pop-up konfirmasi yang menyatakan perubahan dari lokasi sebelumnya (C:\Users\%userprofile%\Pictures\Screenshots) ke lokasi yang baru (C:\Users\%userprofile\Pictures\Saved Pictures\Tangkap Gambar). Klik Yes untuk menyelesaikan proses.

menggantidefaultfolderscreenshot_6

Dengan begitu maka default folder akan terganti dan kedepannya ketika ingin melakukan screenshot, maka gambar tersebut akan tersimpan dilokasi yang baru dan perlu diketahu, bahwa nama folder akan tetap sama (Screenshot) tetapi hanya lokasinya saja yang berbeda.

That’s it!

  Review Lengkap Windows 10 Fall Creators Update  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.