Home PC Cara Mengganti Lokasi Penyimpanan Personal File di Windows 10

Cara Mengganti Lokasi Penyimpanan Personal File di Windows 10

Cara Mengganti Lokasi Penyimpanan Personal File di Windows 10 (1)

Pada tutorial kali ini, WinPoin akan memberikan kamu langkah-langkah tentang cara mengganti tempat penyimpanan personal file di Windows 10. Personal file yang dimaksud adalah berkas file seperti Documents, Music, Pictures, dan Videos.

Secara default, personal file tersebut tersimpan pada Library (This PC) user yang bisa kamu temui dengan mudah pada File Explorer. Tetapi hal ini membuat jika Windows kamu bermasalah dan kamu melakukan format di Drive C tanpa melakukan backup atau memidahkannya terlebih dahulu, maka semua file dan data personal tersebut akan hilang.

Untuk itu mengganti lokasi penyimpanan personal file bisa sangat bermanfaat, termasuk juga bagi kamu yang suka merapikan susunan partisi, misalkan C khusus untuk sistem dan aplikasi, D khusus file dan dokumen, dan seterusnya.

Mengganti Lokasi Penyimpanan Personal File di Windows 10

Mengganti lokasi penyimpanan personal file di Windows 10 tidaklah sulit. Hal ini karena Microsoft sudah menyediakan opsinya melalui Settings.

  1. Buka Settings.
  2. Navigasi ke System – Storage. Pada panel kanan, klik opsiĀ Change where new content is saved.Cara Mengganti Lokasi Penyimpanan Personal File di Windows 10 (1)
  3. Selanjutnya kamu dapat menentukan lokasi baru dimana personal file disimpan. Mulai dari apps, documents, music, photos, videos, movies and TV shows, dan offline maps. Caranya, klik menu drop down lalu pilih drive yang diinginkan, jika sudah klikĀ Apply.Cara Mengganti Lokasi Penyimpanan Personal File di Windows 10 (2)

That’s it, maka akan terbuat folder secara otomatis berdasarkan apa yang kamu pindahkan tadi. Misalnya, saya memindahkan lokasi penyimpanan offline maps ke Drive E, maka akan terbuat folder maps secara otomatis.

Cara Mengganti Lokasi Penyimpanan Personal File di Windows 10 (3)

Jika kamu memindahkannya ke media eksternal (tidak WinPoin rekomendasikan), maka ketika media eksternal dicabut, lokasi penyimpanan akan kembali lagi ke default (This PC) hingga kamu menyambungkannya kembali.

Nah itulah dia cara mengganti lokasi penyimpanan dokumen, music, picture, dan personal file lainnya di Windows. Jika ada pertanyaan silakan langsung saja sampaikan di kolom komentar.

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.