Home PC Cara Mengganti Ring Program Windows Insider

Cara Mengganti Ring Program Windows Insider

Cara Mengganti Ring Program Windows Insider

Pada program Windows Insider, terdapat beberapa rings (level). Rings ini menentukan update build yang kamu terima dan tentunya ada perbedaan dari setiap ring. Berikut Winpoin akan memberikan penjelasan berserta cara mengganti Rings pada program Windows Insider.

Hingga artikel ini ditulis, terdapat tiga rings yang ada pada program Windows Insiders, diantaranya:

  • Fast Ring : Update build yang dirilis lebih cepat, tetapi lebih rentan terhadap bug. Update yang biasa diberikan berupa major build yang didalamnya biasanya terdapat fitur baru, perbaikan, dsb. Contohnya dari build 17361 ke 17369.
  • Slow Ring : Update build yang dirilis lebih lambat, tetap minim bug (biasanya bug pada Fast Ring sudah diperbaiki). Update yang biasa diberikan berupa major build dan minor update berupa kumulative update. Contohnya dari build 17369 ke 17369.1002 berlanjut lagi ke 17369.1009, dst.
  • Release Preview Ring : Serupa dengan Slow Ring, tetapi versi ini diperkirakan akan sama dengan versi build yang dirilis kepublik. Opsi ini biasa dipilih jika ingin mendapatkan build yang stabil dengan versi publik, tetapi tetap ingin berada di program Windows Insider.

Selain itu, terdapat opsi special yakni Skip Ahead. Serupa dengan Fast Ring, tetapi memiliki perbedaan, yakni:

  • Fast Ring biasa : Akan mendapatkan update Build dari branch utama (pada kasus yang terbaru ini misalnya pada branch RS4_RELEASE alias Spring Creators Update).
  • Fast Ring dengan Skip Ahead : Akan mendapatkan update Build dari branch RS_PRERELEASE.

Mengganti Ring Program Windows Insider

  1. Buka Settings.
  2. Navigasi ke Update & Security – Windows Insider Program.
  3. Pada panel kanan, buka menu drop-down What kind of content would you like to receive?, dimana didalamnya terdapat tiga pilihan yakni:
    1. Just fixes, apps, and drivers : Release Preview Ring.
    2. Active Development of Windows : Slow dan Fast Ring.
    3. Skip ahead to the next Windows release : Fast Ring.Cara Mengganti Ring Program Windows Insider
  4. Done.

Jika kamu memilih opsi Skip Ahead dan mendapatkan pesan bahwa opsi Skip Ahead sudah ditutup. Kamu dapat mencoba menggunakan trik melalui registry agar dapat memilih opsi Skip Ahead. (untungnya trik ini masih bisa bekerja hingga sekarang, setidaknya hingga artikel ini ditulis)

Pilih yang mana??

  • Fast Ring : Cocok bagi kamu yang ingin mendapatkan fitur baru di Windows 10 lebih cepat, dan siap menghadapi bug atau error jika ada.
  • Slow Ring : Cocok bagi kamu jika tidak ingin berurusan dengan bug ataupun error.
  • Release Preview Ring : Cocok bagi user yang ingin mendapat akses untuk update aplikasi, dan juga update driver dengan risiko bug yang minim. Serta ingin mendapatkan update Windows 10 beberapa saat lebih cepat sebelum dirilis ke publik.

Tentunya semua pilihan akan kembali lagi kepada kamu.

  Headline: iPhone Dual SIM, macOS Dark Mode, iOS 12, dsb!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.