Didalam system operasi Windows, kita bisa membatasi penggunaan disk space pada perangkat storage yang kita gunakan, kita bisa menggunakan tools bawaan yang bernama Quota dihalaman Drive Properties, yang mana ketika kita aktifkan akan membatasi penggunaan ruang penyimpanan pada sebuah partisi, dan kita bisa mendapatkan warning / peringatan jika ukuran partisi telah mencapai batas tertentu yang telah tentukan.

Baca Juga : Cara Mengaktifkan Kuota Disk di Windows 10

Namun dalam beberapa kasus, menu Quota tersebut kadang tidak ditampilkan, misalkan saja pada HDD External tertentu seperti yang saya gunakan ini.

Terkait fitur ini, ternyata kita bisa menghilangkan menu Quota Tab tersebut dari halaman Drive Properties loh, penasaran bagaimana cara menghilangkannya? berikut dalam pengujian kali ini WinPoin akan rangkum langkah singkat untuk menghilangkan Quota Tab di Drive Properties.

Cara Menghilangkan Tab Quota pada Drive Properties di Windows 10

Langkah 1. Pertama silahkan kamu buka Registry Editor.

Langkah 2. Selanjutnya silahkan kamu masuk ke Directory berikut:

HKEY_CLASSES_ROOT\Drive\shellex\PropertySheetHandlers\

Langkah 3. Sebelum melanjutkan saya rekomendasikan dulu untuk membackup seluruh key dari ProperstSheetHandlers untuk menghindari kesalahan yang mungkin saja terjadi.

Selanjutnya setelah kamu selesai melakukan backup / import dari key seperti yang saya tunjukkan pada gambar diatas, silahkan kamu hapus key berikut :

{7988B573-EC89-11cf-9C00-00AA00A14F56}

Langkah 3. Selesai deh, silahkan tutup Registry Editor dan silahkan kamu lihat apakah Tab Quota sudah menghilang dari Drive Properties.

Tutorial Lainnya : Cara Mengaktifkan Kuota Disk untuk Penyimpanan Eksternal dengan Registry Editor

Cara Menambahkan Kembali Tab Quota di Drive Properties

Jika kamu seandainya masih membutuhkan fitur Quota di Windows 10 kamu, dan pengujian diatas sudah sukses mengenyangkan rasa penasaran kamu, kamu bisa mengembalikan dan menambahkan Tab Quota kembali pada Drive Properties dengan cara yang sangat mudah sekali.

Masih ingat dengan langkah 3 pada langkah diatas?, silahkan kamu merge saja file Registry yang sudah kamu backup sebelumnya.

Maka dengan itu Tab Quota sudah hadir kembali, bersamaan dengan hadirnya Key {7988B573-EC89-11cf-9C00-00AA00A14F56} yang telah kita hapus sebelumnya.

Cara Manual

Jika sebelumnya kamu lupa untuk melakukan Backup dulu, kamu bisa melakukan langkah singkat berikut.

Langkah 1. Silahkan buka kembali Registry Editor dan masuk ke Directory berikut:

HKEY_CLASSES_ROOT\Drive\shellex\PropertySheetHandlers\

Langkah 2. Didalam Directory tersebut, silahkan kamu buka Key baru.

Selanjutnya silahkan kamu beri nama key yang telah dibuat dengan variable berikut:

{7988B573-EC89-11cf-9C00-00AA00A14F56}

Selesai, silahkan tutup Registry Editor tersebut dan harusnya Tab Quota sudah hadir kembali.

Nah silahkan dicoba, silahkan bereksperimen, semoga berhasil dan semoga bermanfaat.

  vivo V20 Indonesia: 4,999 Juta Dapat Apa..?? 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.