JIka membahas Video Recorder di Windows 10, pengguna mungkin akan langsung mengingat Xbox Game Bar, dimana dengan tools tersebut kita bisa merekam aktivitas layar termasuk merekam aktivitas game yang sedang dijalankan.

Baca Juga : Cara Merekam Layar dengan Game Bar di Windows 10

Terkait dengan aplikasi perekaman, baru baru ini Microsoft memperkenalkan sebuah Video GIF Capture yang akan hadir di PowerToys dimasa mendatang, dimana dengan fitur ini pengguna bisa merekam video singkat dan GIF dengan hanya sebuah quick settings toggle dan user interface yang sangat familiar.

Seperti yang dapat kamu lihat pada gambar diatas, pengguna dapat dengan cepat membuka fitur ini dengan cara menekan tombol kombinasi Win + Shift + R dan akan memunculkan sebuah Quick Settings seperti pada gambar berikut.

Quick Settings tersebut sangat mirip dengan apa yang Snip and Sketch berikan, dan ketika pengguna sudah siap merekam aktivitas layar atau membuat GIF, maka akan muncul tombol rekam.

Selanjutnya dalam proses perekaman yang berjalan akan muncul jumlah waktu yang telah direkam bersamaan dengan tombol stop seperti yang dapat kamu lihat pada gambar berikut.

Setelah pengguna selesai merekam aktivitas layar, aplikasi selanjutnya akan langsung membuka Video GIF Editor dan menunjukan opsi apakah pengguna akan menyimpan apa yang telah direkam sebagai Video atau sebagai GIF, selanjutnya pengguna bisa langsung menyimpannya atau menyalinnya ke Clipboard.

Proyek masih dalam pengembangan…

Untuk saat ini fitur yang diumumkan tersebut masihlah dalam pengembangan dan belum ada informasi resmi kapan fitur ini akan hadir di aplikasi PowerToys, selain itu Microsoft mengharapkan feedback dari pengguna sampai 12 Oktober 2020 mendatang. (Kamu bisa memberikan feedback pada halaman GitHub berikut).

Video GIF Capture yang diperkenalkan ini membawa sejumlah fitur yang cukup menarik loh, bahkan sebagian diantaranya menjadi nilai plus dan mengalahkan beberapa video capture tools yang sudah kita kenal sebelumnya. Kamu bisa melihatnya pada table berikut.

Meskipun tidak mendukung Microphone Audio untuk merekam suara, namun fitur yang diberikan sudah cukup powerfull untuk sebuah tools yang gratis ini.

Nah bagaimana menurutmu mengenai fitur ini? silahkan berikan pendapat dan opinimu mengenai hal ini dikolom komentar dibawah.

Via : GitHub, Windows Latest

  vivo V20 Indonesia: 4,999 Juta Dapat Apa..?? 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.