Minggu lalu dunia per windowsan cukup dihebohkan karena source code Windows XP Bocor ke Internet, karena seperti yang sudah kita tahu meskipun Windows XP sendiri sudah berumur hampir 20 tahun dan sudah dihentikan dukungannya 6 tahun yang lalu, jika terdapat kode yang masih digunakan untuk versi Windows yang lebih modern seperti Windows 10, maka hal ini bisa menjadi ancaman.

Untuk membuktikan bahwa source code yang tersebar itu adalah Windows XP sungguhan, baru baru ini NTDEV seorang teknisi IT yang juga seorang Youtuber, mencoba melakukan compile pada source code tersebut dan ternyata memang benar dan hasil menunjukan bahwa OS berfungsi sebagai mana mestinya.

Dilansir dari Windows Central, awalnya NTDEV menunjukan bagaimana hasil compiling dari source code tersebut di situs Youtube, namun tidak lama setelahnya video tersebut kemudian dihapus karena klaim hak cipta dari Microsoft.

Meskipun dikatakan bahwa compiling menghasilkan OS Windows XP yang bekerja, namun tampaknya ada beberapa komponen yang hilang, seperti winlogon.exe dan banyak driver didalamnya.

Well, the reports were indeed true. It seems that there are some components missing, such as winlogon.exe and lots of drivers,” kata NTDEV dalam wawancaanya dengan ZDNet. Selain itu NTDEV juga menjelaskan bahwa file tertentu seperti kernel dan explorer dapat di compile dengan mudah dan hasilnya menunjukan bahwa itu identik dengan versi retail dari Windows. “Certain files, such as the kernel and the Explorer can be compiled easily.” tambahnya, “I have tried some programs from the compiled source of XP, and it seems that they are identical to the retail versions of Windows.”

Yang cukup menarik dari masalah kebocoran source code ini adalah, NTDEV mengatakan bahwa source code dari Windows Server 2003 yang bocor ternyata lebih lengkap daripada source code Windows XP.

“The leaked source of Server 2003 is actually more complete than the XP one, but it lacks, just as the XP one, the Winlogon source code.” Jelasnya dalam wawancaranya bersama ZDNet.

Via : ZDNet, Windows Central

  Bikin Netizen Heboh, Sehebat Itukah POCO X3 NFC..?? 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.