Home PC Cara Menjalankan Aplikasi Secara Otomatis Ketika Startup Windows

Cara Menjalankan Aplikasi Secara Otomatis Ketika Startup Windows

cara menjalankan aplikasi secara otomatis (0)

Disaat pertama kali Windows dinyalakan, aplikasi apa yang pertama kamu buka?. browser, media player, game atau yang lainnya?, jika kamu sering membuka suatu aplikasi yang sama secara terus menerus. Kamu bisa membuat aplikasi tersebut berjalan secara otomatis begitu masuk ke Windows, dengan begitu maka kamu tidak perlu melakukan hal yang sama berulang-ulang.

Menjalankan Aplikasi Secara Otomatis Ketika Startup Windows

Untuk membuat hal tersebut terjadi, kamu dapat mengkonfigurasinya melalui fitur Task Scheduler (gunakan fitur search untuk mempermudah pencarian). Kemudian setelah terbuka pilih opsiĀ Create Basic Task yang terletak pada panel kanan.

cara menjalankan aplikasi secara otomatis (1)

Kemudian isi nama aplikasi yang ingin dijalankan secara otomatis berserta deskripsinya (opsional). Jika sudah klik Next.

cara menjalankan aplikasi secara otomatis (2)

Setelah itu pilih opsi When I log on. Yang berarti kamu akan menjalankan task tersebut setiap kali Login ke Windows. Klik Next untuk melanjutkan proses.

cara menjalankan aplikasi secara otomatis (3)

Selanjutnya adalah menentukan apa yang akan dilakukan oleh task tersebut. Pilih Start a program yang berarti menjalankan program tersebut pada saat Login ke Windows.

cara menjalankan aplikasi secara otomatis (4)

Kemudian tentukan path program yang akan dieksekusi. Misalnya disini akan menjalankan browser Firefox, maka masukan direktorinya. Jika sudah klik Next untuk proses akhir.

cara menjalankan aplikasi secara otomatis (5)

Terakhir sistem akan melakukan konfimasi pada konfigurasi task yang telah dibuat. Jika dirasa sudah benar, klik Finish untuk mengakhiri proses.

cara menjalankan aplikasi secara otomatis (6)

Dengan begitu maka aplikasi tersebut (dalam kasus WinPoin adalah Firefox) akan berjalan secara otomatis ketika boot up ke Desktop.

Menghapus Task Scheduler

Jika dirasa kamu tidak membutuhkannya lagi, maka kamu dapat menghapusnya. Caranya kembali ke tampilan utama Task Scheduler, cari task yang ingin dihapus dalam tabĀ Active Tasks (dalam kasus WinPoin adalah Firefox).

cara menjalankan aplikasi secara otomatis (7)

Jika sudah ketemu, klik 2x pada task tersebut. Lalu pilih opsi Delete yang terletak pada panel kanan bawah. Ketika muncul peringatan, klik Yes.

cara menjalankan aplikasi secara otomatis (8)

That’s it!😉

  Video: Fitur, Tips, dan Trik Tersembunyi di Windows 10  

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.