Home News Convert Desktop App ke UWP Lebih Mudah Lagi dengan Visual Studio 15

Convert Desktop App ke UWP Lebih Mudah Lagi dengan Visual Studio 15

Convert Desktop App ke UWP Lebih Mudah Lagi dengan Visual Studio 15

Microsoft sebelumnya sudah merilis Desktop App Converter yang bisa mengconvert aplikasi desktop ke Universal Windows Platform (UWP) apps dengan mudah. (Baca juga: Converter Aplikasi Desktop ke UWP Dirilis, Download Disini)

Meskipun aplikasi UWP hasil convert desktop app tersebut tidak serta merta bisa berjalan universal di berbagai macam device (hanya terbatas bisa berjalan di desktop platform saja), namun setelah diconvert apps tersebut bakal bisa mengakses UWP API seperti Live Tiles, Push Notification, dsb.

Selain itu apps tersebut jadi bisa kamu publish di Windows Store, memudahkan pengguna untuk menemukan, menginstall, dan melakukan update aplikasi.

Melalui pengumuman Microsoft di blog MSDN, Microsoft menyatakan bahwa Visual Studio 15 bakal dilengkapi dengan Desktop to UWP Packaging Project.

Artinya sebagai developer kamu bakal bisa lebih mudah mengembangkan dan testing aplikasi hasil convert dari Desktop App Converter.

Saat ini status fitur tersebut masih dalam tahap preview, dan jika kamu ingin mencobanya bisa melakukannya dengan cara berikut ini:

Setelah itu di New Project Dialog kamu bakal menemui tipe project baru seperti ini:

Convert Desktop App ke UWP Lebih Mudah Lagi dengan Visual Studio 15

Dihadirkannya Desktop App Converter, ditambah dengan dukungan Desktop to UWP Packaging Project di Visual Studio 15, menunjukkan ambisi Microsoft untuk mempopulerkan UWP dan Windows Store di kalangan pengguna Windows.

Mungkin ini adalah upaya awal dari transisi, untuk mengakhiri era desktop apps secara perlahan dan digantikan dengan era UWP di Windows Store.

Akankah upaya Microsoft ini akan berhasil..?? Dalam kata lain, apakah suatu saat UWP bisa mengalahkan popularitas desktop app di Windows..??

Bagikan pendapat dan analisa kamu disini.

via msdn

  Review Lengkap Windows 10 Fall Creators Update  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.