Pada update Windows 10 selanjutnya yakni May 2019 Update, Microsoft akan menyematkan fitur yang bernama Windows Sandbox.

Fungsi dari adanya fitur Windows Sandbox ini adalah menciptakan desktop temporer yang terisolasi. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menjalankan software yang kemungkinan berbahaya atau mengandung malware/virus.

Secara official, fitur Windows Sandbox sendiri hanya tersedia pada Windows 10 edisi Professional dan Enterprise. Serta diperlukannya spesifikasi tertentu seperti arsitektur AMD64, virtualisasi pada BIOS (AMD-v atau VT-x), dan 4GB RAM.

Tetapi dengan sedikit trik yang sama dengan mengaktifkan fitur Group Policy Editor, kamu dapat membawa fitur ini ke edisi Home.

Sebelumnya pastikan kamu sudah membuat system restore untuk berjaga-jaga. Meskipun sebenarnya script ini berjalan dengan lancar.

Menjalankan Windows Sandbox di Windows 10 Home

Pertama download file zip disini, dimana berisikan file batch perintah yang cukup klik 2x untuk mengeksekusinya. Pastikan kamu menjalankannya dengan as Administrator dan melakukan restart begitu proses selesai.

Terakhir kamu dapat langsung mengaktifkan fitur Windows Sandbox melalui Program and Features di Control Panel.

That’s it! itu dia trik untuk menjalankan Windows Sandbox pada Windows 10 edisi Home. Jika kamu pengguna edisi Home, pastikan saja memenuhi spesifikasi untuk menjalankan fitur ini yakni arsitektur AMD64, virtualisasi pada BIOS (AMD-v atau VT-x), dan 4GB RAM..

Credit to Deskmodder for batch script

  Huawei DILARANG Pake Android..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.