Salah satu perks atau keistimewaan dari Nintendo Switch adalah: Kamu bisa menyambungkan joycon (istilah joystick untuk Nintendo Switch) ke PC, Mac, atau tablet Android kamu. Oya, kita harus mengecualikan iPad di sini karena iPad menggunakan sistem Bluetooth yang sangat berbeda dari protokol Bluetooth pada umumnya. Bagaimana cara pairing Joycon dengan PC, Mac, atau tablet Android? Caranya sangat gampang. Terlebih dahulu, tentu saja kamu harus memastikan bahwa perangkat kamu memiliki protokol Bluetooth (beberapa PC tidak memilikinya sehingga saya merasa perlu untuk menyebutkan ini di awal).

Nyalakan Bluetooth di PC, Mac, atau Android kamu. Di sini saya akan menggunakan PC sebagai ‘contoh perwakilan’. Untuk kedua perangkat lain, caranya kurang lebih sama kok.

Lepaskan dulu Joycon dari Switch. Yang kita gunakan adalah salah satu bagian saja dari dua Joycon yang kamu miliki.

Tahan tombol Sync yang berada di Joycon. Letaknya adalah di antara tombol SR dan SL. Jika kamu menekan dan menahan tombol ini, maka kamu akan melihat lampu LED berkedip.

Klik Settings > Devices, lalu klik Add Bluetooth or other device. PC atau laptop kamu kemudian akan membaca dan terhubung dengan Joycon yang ada di dekatnya. Selanjutnya kamu tinggal pairing saja. Setelah proses selesai, maka joycon akan tersambung ke PC dan kamu bisa bermain game PC dengan joycon seperti halnya saat menggunakan joystick milik Xbox.

Tentu saja tidak semua game bisa dimainkan dengan joycon. Kamu harus memilih game yang support menggunakan joystick. Bukan hanya satu joycon, kamu bahkan bisa menghubungkan dua joycon kamu sekaligus di PC, sehingga bisa bermain bersama teman atau saudara.

Nah, dengan trik ini, opsimu bertambah. Bukan saja bisa memainkan game di konsol Nintendo Switch milikmu, kamu juga bisa memainkan game PC dengan memanfaatkan Joycon dari Nintendo. Menarik bukan?

  Redmi 7 Sudah Resmi!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.