Beberapa tahun belakangan ini, Microsoft memang tampil seperti pejuang cinta yang tidak kenal lelah menunjukkan kasih sayangnya kepada dunia open source. Setelah acara BUILD yang menghebohkan di tahun 2016 yang lalu, yang mana bahkan Satya Nadella tampil ke panggung dengan slide Microsoft loves Linux, secara konsisten Microsoft terus menunjukkan perhatiannya kepada komunitas open source. Mulai dari Windows 10 yang support Bash, pembelian GitHub, dan banyak lagi. Yang terbaru, Microsoft menjadikan salah satu aplikasi andalannya, Calculator, sebagai open source.

Microsoft baru-baru ini menjadikan source code untuk Calculator tersedia di GitHub. Raksasa software ini dalam rilis resminya ingin “membangun kemitraan yang lebih baik dengan komunitas (open source)”. Membuka calculator, berarti bahwa semua orang bisa mengontribusikan kode untuk mengembangkan aplikasi ini. Tentu saja Microsoft akan terlebih dahulu mengevaluasi prototype fitur-fitur baru atau perubahan user interface terhadap software ini sebelum mengimplementasikannya.

Source code ini kini tersedia di GitHub, dan menyertakan build systemunit test, dan bahkan roadmap produk untuk fitur calculator di Windows. Jangan remehkan meskipun aplikasi ini hanya merupakan ‘bagian kecil’ saja dari Windows. Ini sudah menunjukkan niat baik Microsoft untuk memenuhi janji memberikan dukungan penuh terhadap open source. Microsoft sebelum ini juga telah lama menjadikan File Manager Windows sebagai open source dan memang Microsoft memanfaatkan hasil kontribusi developer lain untuk Windows 10 ini. Microsoft juga mengumumkan bahwa mereka menjadikan 60.000 patennya sebagai open source untuk membantu melindungi Linux.

Dengan adanya source code aplikasi calculator dari Microsoft ini, developer Windows juga akan lebih mudah mengintegrasikan logika atau UI calculator ke aplikasinya sendiri. Tentu saja ini juga akan membantu berkembangnya para engineer dan developer secara umum di seluruh dunia.

 

 

Sumber: TheVerge

  Nyesel Beli Telkomsel By.U..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.