via Cosmos

Banyak perusahaan teknologi besar yang menyatakan bahwa mereka telah bersiap menuju era quantum computing. Jika kamu kurang akrab dengan istilah ini, quantum computer adalah komputer yang melakukan komputasi yang dapat diimplementasikan baik secara teoritis maupun fisik. Intinya, ini adalah komputer supercepat yang dapat membantu manusia melakukan perhitungan rumit dalam waktu yang sangat singkat. Microsoft sendiri mendukung hal ini dengan meluncurkan jaringan hardware miliknya sendiri baru-baru ini.

Microsoft Quantum Network baru saja diresmikan pada acara Startup Summit di Redmond, yang mana akan mendukung masa depan quantum computing nantinya.

Ada perwakilan dari 16 startup yang ikut serta dalam acara summit yang diselenggarakan Microsoft. Acara ini menampilkan pembicara dari para pemimpin mengenai quantum computing serta workshop terkait alat-alat pemrograman mereka.

Di antara startup tersebut, terdapat IBM dan Intel yang tidak diragukan lagi dalam urusan pengelolaan komputer. Intel bahkan mengumumkan chip milik mereka yang mampu mendukung quantum computer.

Corporate Vice President Azure Hardware System Group dari Microsoft, Todd Holmdahl, memberikan pidato yang menjelaskan bagaimana quantum computing akan memecahkan masalah dunia. “Kita saat ini menghadapi masalah seperti perubahan iklim. Kita juga mencari cara untuk melakukan produksi makanan dalam jumlah besar. Semua perhitungan fenomena ini dapat dilakukan melalui quantum computer. Kita bahkan mulai masuk era quantum economy yang perlu disikapi dengan bijak.”

Microsoft telah menyiapkan landasan untuk quantum computing sejak tahun lalu dengan merilis bahasa pemrograman untuk beban kerja quantum. Model bahasa pemrograman ini disebut Q#, yang mana merupakan bagian dari Quantum Development Kit. Redmond juga mendukung peneliti dan institusi akademis yang melakukan riset mengenai hal ini.

Kedengaran rumit? Jangan khawatir. Microsoft akan menerapkan teknologi ini sedemikian rupa sehingga nantinya orang-orang dapat beralih dari sistem komputasi tradisional ke komputasi quantum dengan lancar. Microsoft Azure sebagai salah satu sistem cloud terbaik akan berperan besar di sini.

Kita nantikan saja seperti apa wujud implementasi quantum computing ke depannya. Nampaknya ini akan mengarah pada sistem komputasi yang jauh lebih canggih untuk memecahkan aneka permasalahan yang lebih rumit.

 

Sumber: Techradar

  Secepat Apa Smartfren 5G..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.