Cara Merasakan Sensasi Grafik Game yang Tinggi

Tidak semua game yang dirilis di dunia ini memiliki kebutuhan spesifikasi grafis yang tinggi, contohnya seperti Counter Strike 1.6, Angry Bird, maupun game balap Moto GP. Namun semakin berkembangnya dunia game banyak sekali kita menjumpai game yang memiliki kebutuhan spesifikasi grafis yang tinggi bahkan sangat tinggi untuk dapat kita rasakan.

Sayangnya tidak semua gamer mengerti tentang bagaimana cara untuk merasakan sensasi grafis 3D atau HD yang sangat halus sehingga kebanyakan hanya memikirkan game play nya saja, padahal itu sangat mempengaruhi kinerja hardware.

Kita akan beri contoh dengan game yang bernama Watch Dog. Game keluaran Ubisoft ini mungkin dibilang game terberat versi saya karena jika game ini dijalankan pada laptop seharga 5 juta maka hal pertama yang pemain itu dapatkan hanyalah seperti menonton sebuah video stop-motion.

Tak hanya itu saja, tidak sedikit gamers bahkan mendownload dan memainkan sebuah game yang tidak kompatible dengan hardwarenya dan ketika mencoba game tersebut mereka berpikir bahwa gamenya atau OS yang bermasalah, padahal memang game tersebut tidak kompatible dengan hardwarenya.

Itu hanyalah segelintir cerita yang saya dapatkan dari pengalaman melihat kegiatan teman saya ataupun saat saya berada pada sebuah tempat umum. Namun kali ini saya akan sharing bagaimana sih cara merasakan sensasi grafis game yang tinggi dan bagaimana susahnya menentukan game apa saja yang cocok untuk PC ataupun Laptop kita.

 

Cari Tahu Persyaratan Minimum Game Tersebut

Langkah pertama untuk kamu yang mungkin sedang mengumpulkan uang untuk membeli game GTA yang baru atau mencoba game lainnya, yaitu cari tahu persyaratan minimum yang telah ditetapkan oleh pembuat game. Tak semua game berjalan pada OS 32-bit dan tidak sedikit game yang memerlukan hardware dengan spesifikasi khusus.

Persyaratan minimum adalah salah satu patokan yang dapat kita gunakan untuk mengkalkulasi apakah hardware kita sudah cocok untuk game ini atau tidak. Tidak ada game yang tidak memberikan informasi tersebut, jadi pastikan kamu mencari game yang sesuai dengan spesifikasi PC dan laptop kamu.

 

Gunakan Driver Official yang Up to Date

Jika spesifikasi minimum game yang dipilih sudah sesuai atau bahkan lebih ringan dari hardware PC yang kamu miliki, maka langkah kedua yaitu gunakan driver asli dari vendornya yang paling up-to-date. Salah satu contohnya yaitu VGA yang sudah pasti sudah satu paket dengan driver installer serta disediakan juga link downloadnya di situs official sang vendor.

Bukan untuk menakut-nakuti para pengguna driver pack menjadi salah satu cara untuk menginstall driver jika tidak memiliki driver hardware tersebut, tapi ingat daripada kamu menggunakannya lebih baik mendownload driver langsung dari situs vendornya.

 

Atur Grafis Game agar Nyaman Dimainkan

Nah tidak semua game dapat mendeteksi level grafis yang sesuai dengan spesifikasi yang dimiliki, meskipun bisa akan tetapi hasilnya mungkin tidak sesuai dengan keinginan. Pada umumnya secara default game yang baru di install akan menempatkan pengaturan level grafik pada level low atau yang grafis yang terbawah. Nah disinilah para gamers mungkin banyak berpendapat “kok kualitas grafiknya beda padahal game kita sama?”

Untuk itu pastikan kamu mengatur settings grafisnya agar sesuai dengan performa hardware. Pastikan kamu fokus pada kenyamanan bermain, jangan dipaksakan jika terjadi lag atau hal – hal yang membuat game kamu crash. Atur terus sampai dapat pengaturan yang balance.

Jika sebuah game dipaksakan padahal spesifikasi hardware tidak kuat untuk menjalankan game tersebut dikhawatirkan hardware yang kamu gunakan akan cepat panas karena overload saat digunakan.

 

Menabung untuk Upgrade Hardware

Langkah terakhir dari artikel ini sekaligus langkah yang paling bagus adalah menabung jika kamu memiliki sisa uang. Hal ini karena performa paling maksimal sebuah game hanya bisa dicapai jika specs PC kita sesuai dengan kebutuhan spesifikasi standard yang diperlukan, atau bahkan lebih powerful dari yang dibutuhkan.

 

Semoga tips ini bisa menjadi referensi bagi kamu untuk bisa memainkan game secara nyaman dengan performa maksimal. Kita juga berharap dengan menerapkan tips yang ada disini kamu bisa terhindar dari hal – hal yang tidak diinginkan saat mencoba sebuah game dengan kebutuhan grafis yang sangat tinggi.

Jika kamu memiliki sebuah pertanyaan atau permasalahan seputar hal ini, silahkan tanyakan saja di Forum Winpoin karena siapa tahu pertanyaan kalian akan terjawab dan terselesaikan dengan baik disana.

Untuk akhir kata saya ucapkan

Salam Gamers Indonesia !

  Unboxing Nokia 1 Indonesia  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.