Salah satu hal yang saya lakukan dalam dualboot Windows 10 dan Elementary OS adalah memindahkan file GRUB Linux dari EFI Partitions Windows 10 ke partisi di SSD terpisah (dimana Linux diinstal), karena dengan hal itu seandainya salah satu OS bermasalah, tidak akan berpengaruh ke OS yang lainnya bahkan jika salah satu OS dan SSD Corrupt dan tidak terbaca.

Kekurangan metode ini tentunya untuk memilih OS saya harus masuk dulu ke BIOS dan set First Boot ke OS yang diinginkan, namun itu harusnya bukan masalah yang berarti, jika dilihat dari kelebihan yang didapatkan.

Untuk melakukan hal tersebut, ada beberapa hal yang saya lakukan, salah satunya adalah melakukan Mounting EFI Partitions di Windows 10 yang mana untuk selanjutnya melakukan copy folder ‘ubuntu’ ke EFI Partitions kedua, dan berikut saya akan rangkum sedikit langkah untuk Mount EFI Partitions di Windows 10.

Cara Mount EFI Partitions di Windows 10 – Jika Hanya Ada Satu EFI Partitions

Langkah 1. Pertama buka Command Prompt as Admin

Langkah 2. Selanjutnya silahkan masukkan perintah mountvol Q: /s

Dan selesai, untuk mengaksesnya silahkan kamu baca Cara Akses EFI Partitions diakhir artikel.

Cara Mount EFI Partitions di Windows 10 – Jika Ada Dua EFI Partitions.

Karena ketika instalasi Linux saya membuat EFI Partitions kedua maka langkah yang paling efektif adalah dengan beberapa langkah berikut.

Langkah 1. Pertama buka Command Prompt as Admin

Langkah 2. Selanjutnya silahkan masukkan perintah mountvol untuk melihat daftar dari volumename yang tersedia di perangkat kamu.

Pada gambar diatas, dua paling bawah adalah EFI Partitions untuk Windows 10 dan Linux, untuk melakukan Mounting, cukup masukkan perintah pada langkah ketiga dibawah.

Langkah 3. Untuk melakukan Mounting EFI Partitions kamu dapat menggunakan perintah berikut:

mountvol K: \?\Volume{074a0318-3f0e-4d38-8e69-49e3abf93f5c}\

Catatan – K: adalah Drive Letter yang tidak digunakan, \?\Volume{074a0318-3f0e-4d38-8e69-49e3abf93f5c}\ adalah Volumename dari EFI Partitions Linux.

Karena saya disini memiliki dua partisi EFI yang berbeda, saya juga melakukan langkah yang sama dengan EFI Partitions Windows 10 yang memiliki volumename \?\Volume{3363c436-8daa-4c08-9024-7524a481d6fa}\.

mountvol M: \?\Volume{3363c436-8daa-4c08-9024-7524a481d6fa}\

Setelah itu, harusnya EFI Partitions sudah termount, dan kamu dapat melihatnya di File Explorer.

Cara Akses EFI Partitions

Untuk mengaksesnya, saya lebih suka menggunakan Explore++ yang dapat kamu download pada halaman berikut. Selanjutnya silahkan buka Explorer++ dan jalankan sebagai Administrator.

Silahkan saja buka seperti biasa. Didalam masing masing EFI Partition harusnya akan ada Folder EFI.

Nah lalu didalamnya lagi ada folder Boot dan Microsoft/ubuntu tergantung dari EFI Partitions mana yang kamu buka.

Sekedar catatan, jika kamu menggunakan Dualboot Linux dan Windows di EFI Folder tersebut akan ada dua yaitu Microsoft dan ubuntu (misalnya), jadi pemilihan OS akan dilakukan tanpa melalui BIOS, jika keduanya dipisah seperti yang saya lakukan diatas, pemilihan OS harus melalui BIOS dulu, berikut contohnya.

Seperti gambar diatas, saya harus memilih OS melalui BIOS (karena seperti yang sudah saya jelaskan diatas, Bootloader Windows 10 dan Linux saya pisahkan dalam dua Partisi di dua SSD berbeda.

Sedangkan seperti pada gambar diatas, ini adalah pemilihan Boot default yang mana hampir seluruh pengguna Dual boot melihatnya, ketika Boot, mereka tidak harus memilih OS melalui BIOS namun akan diberikan pilihan setelah proses POS. Ini terjadi karena baik folder Ubuntu/ Microsoft dalam satu folder EFI yang sama.

Cara Unmount EFI Partitions

Langkahnya cukup mudah, masih didalam Command Prompt as Admin, kamu hanya perlu memasukkan perintah berikut.

mountvol Q: /d

Catatan – Q: adalah drive letter yang sebelumnya di set untuk EFI Partitions dan /d adalah parameter untuk menghampus drive letter tersebut.

Nah begitulah Cara Mount EFI Partitions di Windows 10 beserta penjelasan kenapa pemilihan dual boot saya harus melalui BIOS, semoga bermanfaat.

  Smartwatch Terbaik dari Huawei..!! Huawei Watch GT 2 Pro Indonesia Unboxing + Review Singkat! 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.