Semejak Windows 8 dirilis dengan aplikasi UWP Bawaannya, saya agak sedikit risih karena banyak sekali aplikasi yang hanya nempel dan gak pernah saya gunakan, dan sampai sekarang pada masa generasi Windows 10, kebanyakan aplikasi bawaanya gak pernah saya gunakan sama sekali, misalkan saja Groove Music, Xbox, dll.

Cara Mudah Hapus Aplikasi Bawaan Windows 10, Termasuk Calculator dan Mail!

Dengan itu, mari kita hapus aplikasi yang tidak terlalu berguna dari system Windows 10 kita, karena selain menghemat penyimpanan ssd dengan dihapusnya aplikasi tersebut bisa sedikit menghemat ram, karena kadang ada beberapa aplikasi yang suka jalan di Background.

Langkah Langkah

  • Pertama ada sesuatu yang harus kamu siapkan, yaitu software Uninstaller Pihak ketiga, misalkan saja RevoUninstaller atau Iobit Uninstaller, karena dengan aplikasi Uninstaller Bawaan Windows 10 baik itu dari Settings > Apps atau dari Control Panel, tidak mampu menghapus aplikasi bawaan tersebut.

Cara Mudah Hapus Aplikasi Bawaan Windows 10, Termasuk Calculator dan Mail!

Disini saya menggunakan Iobit saja, karena kebetulan saya punya lisensinya :D.

  • Nah Caranya sih mudah aja, tinggal Pilih aplikasi apa yang ingin dihapus, dan klik Uninstall, jangan lupa Scan semuanya dari file dan registry yang tersisa.

Cara Mudah Hapus Aplikasi Bawaan Windows 10, Termasuk Calculator dan Mail!

Dalam kasus ini, saya menghapus semua aplikasi Bawaan Windows 10, termasuk Alarm & Clock, Calendar, Calculator, Mail, Xbox, dan semuanya dah.

  • Jika proses uninstaller telah selesai, dan semua file yang tersisa sudah dihapus dan dibersihkan, yang saya rekomendasikan adalah restart windowsnya, untuk meminimalisir terjadinya error dan agar system kembali segar.

Bagaimana Mudah sekali kan? Selain itu setelah saya menghapus aplikasi bawaan ini, system windows 10 saya masih baik baik saja, dan benar benar tidak berpengaruh sama sekali ke system. Cara ini sangat disarankan bagi kamu yang ingin menghemat ruang ssd, dan ingin menghemat RAM pada perangkat kamu.

  Pengen Upgrade Hape..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.