Cara Mudah Menemukan Serial Number pada Laptop (1)

Semua laptop, terlepas dari manufaktur dimana laptop tersebut dibuat, tentunya memiliki serial number. Serial number ini merupakan nomor unik dari setiap laptop yang ada. Berbeda dengan seri laptop, serial number ini lebih merujuk pada nomor untuk mengidentifikasi laptop, sama halnya dengan NIK pada KTP. Serial number ini sangat berguna ketika laptop ingin diperbaiki (biasanya pada authorized service) atau pada saat mencari driver yang tepat dimana biasanya pencarian bisa menggunakan serial number pada laptop.

Untuk menemukan serial number ini, biasa terletak pada sebuah stiker dibagian bawah laptop. Tetapi pada kasus tertentu, stiker tersebut mungkin sudah pudar dan serial number tidak terlihat. Untungnya ada cara yang sangat reliable untuk mengetahui serial number pada laptop dengan mudah. Berikut WinPoin akan memberikan caranya.

Cara Mudah Menemukan Serial Number pada Laptop

Kamu dapat memanfaatkan PowerShell untuk melakukannya. Buka PowerShell as Administrator, kemudian ketikan/copy perintah dibawah ini.

gwmi win32_bios | fl SerialNumber

Cara Mudah Menemukan Serial Number pada Laptop (2)

Tunggu beberapa saat dan hasilnya akan langsung keluar. Mudah sekali bukan?.

Tentunya cara ini bisa menjadi opsi alternatif selain melalui stiker pada bagian bawa laptop. Semoga bermanfaat.

  Review MIUI 10 di Poco F1  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.