Cara Menghilangkan Metadata pada File di Windows (0)

Setiap file pada Windows, terlepas itu file yang dibuat sendiri atau didownload memiliki metadata berupa informasi detail mengenai file terkait seperti nama, tipe file, tanggal dibuat, lokasi file, ukuran, dsb.

Jika mau, kamu dapat menghapus metadata pada sebuah file, terlebih jika file tersebut memiliki informasi data yang sensitif misalnya pada file foto terdapat metadata berupa informasi dimana foto tersebut diambil. Berikut WinPoin akan memberikan langkah-langkahnya.

Baca tips Windows lainnya :

Menghilangkan Metadata pada File di Windows

Untungnya, Windows memiliki fitur native dimana kamu dapat mengedit metadata pada file. Navigasi ke file yang diinginkan lalu klik kanan dan pilih Properties.

Cara Menghilangkan Metadata pada File di Windows (1)

Lalu navigasi ke tab disini kamu dapat semua informasi mengenai file terkait. Informasi ini dapat dilihat oleh semua orang yang memiliki file ini. Untuk menghapus informasi pada metadata, kamu dapat memilih opsi Remove properties and personal information yang terletak dibagian bawah.Cara Menghilangkan Metadata pada File di Windows (2)

kemudian jendela properties akan terbuka, kamu dapat menghapus semua informasi pada file secara cepat dengan cara memilih opsi Remove the following properties from this file dan pilih Select All atau membuat salinan file dimana informasi metadata yang dihapus/kosong dengan memilih opsi Create a copy with all possible properties removed. Jika sudah klik OK untuk menyimpan pengaturan.Cara Menghilangkan Metadata pada File di Windows (3)

Itu dia cara untuk menghapus metadata pada sebuah file di Windows. Cara ini bekerja hampir pada setiap versi Windows seperti Windows 7, 8.x hingga Windows 10.

  Review Aplikasi Streaming Piala Dunia 2018  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.