Mengunci Windows merupakan salah satu langkah yang bagus ketika kamu ingin meninggalkan PC tanpa perlu mematikannya, hal ini juga dapat mencegah orang lain untuk mengaksesnya. Tetapi meskipun PC dalam keadaan terkunci, suara tetap akan terdengar. Misalnya jika kamu mengunci dalam keadaan menyalakan musik, maka suara musik tersebut tetap akan terdengar.

Jika kamu tidak suka dengan hal tersebut, kamu dapat menggunakan trik dibawah ini agar membuat volume otomatis mute ketika Windows dikunci.

Mute Volume ketika Mengunci Windows

Secara default, Windows tidak memiliki opsi agar kamu dapat mematikan volume secara otomatis ketika Windows dalam keadaan terkunci. Maka dari itu, kamu perlu menggunakan bantuan tool pihak ke-3. Disini WinPoin akan menggunakan tool yang bernama NirCmd.

  1. Download NirCmd dan Ekstrak nircmd.exe dimana saja.
  2. Buka Task Scheduler.
  3. Klik opsi Create Task.
  4. Beri nama Task bebas, misalnya “Mute otomatis” dan pilih Configure for Windows 10 (sesuaikan dengan sistem operasi yang kamu gunakan).
  5. Pada tab Triggers, buat 2 trigger yaitu On workstation lock dan On workstation unlock. Hal ini berfungsi agar perintah dapat berjalan ketika Windows di lock dan unlock.
  6. Kemudian pada tab Actions, klik Opsi New.
  7. Kemudian pilih opsi Start a program pada menu Action, lalu Browse file nircmd.exe yang tadi diekstrak, terakhir pada arguments tambahkan mutesystem 2. Klik OK untuk menyimpan pengaturan.
  8. Klik OK lagi untuk menyimpan Task.
  9. Done.

Kamu dapat langsung mencoba apakah task bekerja dengan cara mengunci Windows, apakah suara dimute atau tidak.

Trik ini bisa dilakukan pada semua versi Windows, mulai dari Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8.x, dan Windows 10.

  Smartwatch Terbaik dari Huawei..!! Huawei Watch GT 2 Pro Indonesia Unboxing + Review Singkat! 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.