Cara Paksa Menutup Program Saat Shutdown di Windows 10 (1)

Ketika kamu mencoba untuk mematikan Windows 10 dalam keadaan aplikasi sedang terbuka, maka kamu akan mendapatkan notifikasi bahwa aplikasi yang sedang terbuka menghalangi proses shutdown. Untuk melanjutkan proses, kamu harus memilih opsi “Shutdown anyway”. Jika tidak memilih opsi tersebut, maka proses shutdown akan dibatalkan.

Hal ini juga akan berlaku ketika kamu ingin melakukan restart terhadap Windows 10. Meskipun sebenarnya hal ini cukup membantu karena dapat menyimpan pekerjaan terlebih dahulu (jika ada) sebelum melakukan shutdown / restart. Tetapi jika ingin, kamu dapat menggunakan trik dibawah ini agar dapat memaksa Windows 10 melakukan shutdown / restart meskipun terdapat aplikasi yang terbuka.

Cara “Paksa” Menutup Program Saat Shutdown di Windows

  1. Buka Regedit untuk membuka Registry Editor.
  2. Navigasi ke path HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop.
  3. Pada panel kanan, klik kanan lalu pilih New – DWORD (32-bit) dan beri nama AutoEndTasks.Cara Paksa Menutup Program Saat Shutdown di Windows 10 (1)
  4. Klik 2x pada key tersebut lalu masukan value 1. Jika sudah klik OK untuk menyimpan perubahan.Cara Paksa Menutup Program Saat Shutdown di Windows 10 (2)
  5. Done, kamu dapat menutup jendela Registry Editor jika ingin.

Jika sudah maka kamu dapat restart Windows 10 untuk mendapatkan perubahannya. Kedepannya, aplikasi tidak akan lagi menghalangi proses shutdown / restart. Untuk mengembalikannya ke default, kamu dapat mengikuti langkah yang sama seperti diatas lalu mengganti valuenya menjadi 0 atau menghapus key AutoEndTasks.

Selain untuk Windows 10, trik ini juga dapat kamu gunakan pada versi Windows 7 dan Windows 8.x

That’s it!

  Tips Pilihan iOS 12, Wajib Coba!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.