Dengan CrossOver untuk Android, Software Windows Bisa Berjalan di Chromebook

OS Chrome milik Google telah menjadi alternatif yang menarik terhadap Windows dan MacOS sejak debutnya beberapa tahun yang lalu. Akan tetapi, kadangkala memang diperlukan operating system yang lebih powerful. Google menyadari hal ini dan berdasarkan laporan dari XDA Developers, sebuah proyek ‘misterius’ telah dilakukan Google selama berbulan-bulan untuk mengembangkan fitur baru yang disebut “Campfire” (Nama ini terasa familiar? Mungkin sudah ada yang menggunakan fitur …camp sebelumnya?) manfaatnya adalah memungkinkan pengguna Chromebook melakukan dual boot Windows 10 dan Chrome OS.

Bulan Juni lalu, XDA Developers juga mengonfirmasi bahwa mode OS alternatif ini telah ditemukan di Chromium GitHub yang merujuk pada Windows 10. Saat itu, ini hanya berupa eksperimen internal. Dua bulan kemudian, XDA membagikan detail baru mengenai proyek tersebut, termasuk kemungkinan tanggal rilisnya.

Sebenarnya, XDA hanya mengungkap rencana untuk ‘melewati’ sertifikasi hardware Microsoft untuk Windows 10 pada Pixelbook. Namun muncul berbagai bukti baru bahwa Campfire kini tiba di berbagai rentang model Chromebook lain. Faktanya, bahkan ada ‘beberapa varian campfire’ di Chromium, dan frasa ini menjadikan XDA meyakini bahwa Campfire akan disiapkan lebih dari sekedar untuk Pixelbook saja nantinya.

Lebih lanjut, mode Alt OS tidak akan mengharuskan pengguna mengaktifkan Mode Developer, yang mana merupakan alat powerful yang nantinya akan menyulitkan pemilik Chromebook yang tidak dapat menggunakannya. Ada tanda-tanda juga bahwa proses dual booting ini nantinya akan sangat sederhana bagi siapa saja untuk menggunakannya, meskipun pada awalnya mungkin fitur ini hanya ditujukan untuk power user.

Masih belum jelas berapa banyak perangkat Chrome OS yang akan mendukung fitur Campfire, akan tetapi source code menunjukkan bahwa komputer tersebut memerlukan paling sedikit ruang penyimpanan sebesar 40GB untuk melakukan dual boot dengan Windows 10. Jadi kemungkinan Chromebook lama tidak akan dapat menggunakan fitur Campfire ini.

Dengan adanya kemampuan dual boot, apakah kamu akan tertarik memiliki Chromebook? Perlu diperhatikan bahwa spek Chromebook yang terbatas kemungkinan akan kepayahan jika harus menjalankan Windows 10!

 

 

Sumber: BGR

  Aplikasi Favorit Tahun 2018  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.