Home Tutorial Cara Paling Simple untuk Membuka Website yang Diblokir (Bisa Dipakai di Semua...

Cara Paling Simple untuk Membuka Website yang Diblokir (Bisa Dipakai di Semua ISP)

Paling sebel itu adalah ketika mau membuka Reddit, dapetnya Internet Positif. Atau ketika membaca artikel keren dan ada videonya, ternyata video nya di Vimeo yang juga kena blokir Internet Positif.

Cara Paling Simple untuk Membuka Website yang Diblokir (Bisa Dipakai di Semua ISP)

Meskipun tidak bisa dipungkiri kalo ada beberapa hal negatif di dua situs tersebut, tetapi jauh lebih banyak hal yang positif. Contohnya saja Reddit, disana adalah tempat nongkrong yang cukup enak untuk melihat berita apa saja yang sedang hot saat ini. Mayoritas kontennya bahkan cukup jauh dari hal-hal yang berkesan negatif.

Hal menyebalkan juga terjadi ketika kita ingin mengakses suatu konten misalnya saja video streaming, tetapi region Indonesia ternyata diblokir akses oleh layanan tersebut.

Kita tidak bisa mengubah kebijakan ISP yang memasukkan Reddit dan Vimeo ke daftar situs negatif hingga harus diblokir oleh Internet Positif atau Internet Sehat. Kita juga tidak bisa menuntut layanan streaming atau layanan lain untuk memberikan akses kepada region Indonesia.

Hal yang bisa kita lakukan adalah mengakalinya sehingga bisa membuka website yang diblokir tersebut.

Cara Paling Simple untuk Membuka Website yang Diblokir (Bisa Dipakai di Semua ISP)

NB: Cara membuka website yang diblokir ini tidak dibuat untuk mengajarkan netter bisa mengakses berbagai konten negatif, tetapi diajarkan agar kamu bisa mengakses website bermanfaat yang apesnya sebagian juga kena blokiran Internet Positif.

Ada banyak cara membuka website yang diblokir, mulai dari mengganti DNS dengan open DNS (misalnya Google DNS / DNS Watch), dan lain sebagainya. Tetapi cara itu kadang berhasil saat digunakan di suatu ISP tetapi tidak berhasil saat dipakai di ISP lainnya.

Ada juga cara lainnya dengan menggunakan free proxy dan diubah secara manual di browser, tetapi tidak jarang proxy-proxy tersebut yang mati, sehingga secara berkala kamu harus berburu proxy yang menyala dan koneksinya stabil.

Ada cara lain juga dengan menginstall software VPN, tetapi meskipun simple kebanyakan software VPN bakal berjalan secara auto run dan cukup memperlambat proses startup meskipun sedang tidak ingin kita gunakan.

Namun berikut ini ada cara yang menurut kita paling simple untuk membuka website yang diblokir. Menariknya, cara ini 99% bakal berhasil kamu gunakan di segala macam sistem dan ISP.

 

Membuka Website yang Diblokir dengan VPN Add-on di Browser

Ini adalah cara paling simple dan 99% pasti berhasil untuk membuka website yang diblokir. Kamu tinggal menginstall add-on VPN di browser kamu dan begitu diaktifkan maka semua website yang diblokir langsung bisa kamu akses.

Ada cukup banyak add-on VPN yang bisa kamu gunakan secara cuma-cuma. Salah satu add-on favorit WinPoin karena kecepatan dan kualitas koneksinya yang bagus adalah TunnelBear.

Download TunnelBear add-on (Chrome)

Setelah TunnelBear aktif, maka website yang sebelumnya diblokir kini bisa langsung kamu akses. Tetapi kualitas koneksi VPN yang bagus membuat TunnelBear membatasi besarnya bandwidth yang bisa kita nikmati gratis hanya sebesar 500MB setiap bulannya, selebihnya kita diminta untuk upgrade ke account premium.

Cara Paling Simple untuk Membuka Website yang Diblokir (Bisa Dipakai di Semua ISP)

Namun selain TunnelBear kamu juga bisa menggunakan Add-on VPN lainnya yang tidak dibatasi bandwidth seperti Zenmate misalnya.

Download Zenmate (Chrome | Firefox)

Tetapi ingat, rata-rata add-on VPN yang tidak dibatasi bandwith memiliki kecepatan dan kualitas koneksi yang kurang stabil (naik turun). Sedangkan add-on VPN yang kecepatan dan kualitas koneksinya bagus kebanyakan akan membatasi jumlah penggunaan bandwidth per bulan untuk free user.

Sebenarnya ada add-on dengan alokasi bandwith free unlimited dan kestabilan koneksi yang bagus, yaitu Hola. Sayangnya Hola menggunakan sistem peer to peer yang akan menjadikan PC kamu sebagai peer bagi pengguna Hola lainnya.

Efek positifnya kamu bisa menggunakan Hola secara gratis tanpa batasan bandwidth, tetapi efek buruknya bandwidth internet kamu bisa dipakai oleh orang lain yang menggunakan Hola Free ataupun Premium.

Download Hola (Chrome | Firefox)

Untuk pilihan add-on VPN mana yang ingin kamu gunakan sepenuhnya ada di tangan kamu. Memilih yang kecepatan dan koneksinya bagus tetapi dibatasi bandwidth seperti TunnelBear, atau memilih yang unlimited tetapi dengan kualitas koneksi yang pas-pasan seperti Zenmate. Kamu juga bisa memilih menjadi peer untuk Hola dan mendapatkan akses VPN dengan bandwith unlimited sebagai gantinya.

Cara Paling Simple untuk Membuka Website yang Diblokir (Bisa Dipakai di Semua ISP)

Pilih mana saja yang kamu suka, tetapi cara membuka website yang diblokir dengan menggunakan add-on VPN di browser merupakan salah satu cara yang paling simple dan 99% berhasil untuk digunakan di semua ISP.

Try it. It works! :D

  Perilisan Windows 10 SCU Diundur, Ponsel Gaming Xiaomi, dsb!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.