Jikalau suatu saat kamu mengalami masalah terhadap Windows 10. Micorosoft memiliki opsi troubleshooting dengan System Image. Jadi denga System Image ini memungkinkan kamu untuk restore sistem Windows 10 dengan menggunakan salinan sistem Windows 10 yang dibackup sebelumnya.

Jika kamu perlu bantuan untuk membuat system image, kamu dapat mengunjungi halaman ini untuk membuatnya. Jika sudah, maka kamu dapat menggunakan tutorial dibawah ini. Opsi pertama bisa kamu gunakan jika masih bisa boot kedalam Windows, jika tidak maka kamu bisa mencoba opsi kedua.

Restore Windows 10 dengan System Image

Jika Bisa Boot ke Windows

Buka Settings (kamu dapat menggunakan shortcut Win + I). Kemudian navigasi ke Update & security > Recovery. Pada panel kanan klik opsi Restart now pada menu Advanced start-up. Tunggu prosesnya beberapa saat hingga Windows memasuki layar recovery.

Jika Tidak Bisa Boot ke Windows

Opsi kedua ini bisa kamu coba jika kondisi untuk boot ke Windows tidak lagi memungkinkan. Nyalakan PC/Laptop dan tekan tombol F9 pada keyboard secara cepat hingga masuk layar recovery.

Menggunakan Layar Recovery

Ketika kamu sudah masuk ke layar recovery, klik opsi Troubleshoot. Kemudian klik opsi Advanced options.

Selanjutnya pilih opsi System Image Recovery. Kemudian sistem akan melakukan restart, dan kamu diharuskan untuk memasukan user dan password akun.

Proses selanjutnya adalah melakukan recovery image. Pada halaman pertama kamu perlu memilih sistem image yang digunakan sebagai media restore, kamu dapat memilih yang terbaru (default) atau menggunakan sistem image lainnya dengan memilih opsi Select a system image. Jika sudah klik Next.

Pada halaman selanjunya kamu dapat memberi centang pada opsi Format and repartition disks untuk menyesuaikan layout partisi yang ada pada backup system image. Jika sudah klik Next.

Terakhir kamu dapat mengkonfirmasi tentang system image yang akan digunakan. Klik Finish untuk memulai proses recovery, proses ini akan memakan waktu yang cukup lama, bergantung pada besar tidaknya ukuran image yang dibackup. Setelah proses selesai, maka kamu dapat boot ke sistem Windows yang kamu backup.

  Android 10 vs iOS 13 — Eps.1!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.