Beberapa waktu lalu, Mozilla mengumumkan perubahan baru pada siklus perilisan browser Firefox mereka. Yap mereka sekarang mengurangi waktu perilisan dari 6 minggu menjadi hanya 4 minggu saja.

Yang mana, dengan ini update besar baru untuk Firefox akan mendarat setiap bulan geng, dan Mozilla mengatakan ini bertujuan untuk merapkan siklus perilisan yang lebih pendek pada kurtal pertama tahun 2020 nanti.

Namun menyangkut Firefox ESR (Extended Support Release for Enterprise ), tidak ada perubahan akan terjadi di sini, sehingga rilis besar baru akan terus mendarat setiap 12 bulan. Ini berarti versi ESR utama berikutnya diproyeksikan akan dirilis pada Juni 2020 diikuti oleh yang lain pada Juni 2021.

“Siklus rilis yang lebih pendek memberikan fleksibilitas yang lebih besar untuk mendukung perencanaan produk dan perubahan prioritas karena persyaratan bisnis atau pasar. Dengan siklus empat minggu, kami bisa lebih gesit dan mengirimkan fitur lebih cepat, sambil menerapkan ketelitian dan uji tuntas yang sama yang diperlukan untuk rilis berkualitas tinggi dan stabil. Kami juga memasukkan fitur-fitur baru dan implementasi API Web baru ke tangan pengembang dengan lebih cepat, ” Kata Ritu Kothari, tim manajemen Firefox, dan Yan, tim Integritas Produk untuk Firefox, menjelaskan .

Terkait hal ini, Firefox 70, yang merupakan rilis utama berikutnya, dijadwalkan untuk akan dirilis pada 22 Oktober, diikuti oleh Firefox 71 pada 3 Desember nanti.

Dimulai dengan bulan pertama tahun 2020, Mozilla mulai mengirimkan pembaruan baru setiap empat minggu, jadi setelah Firefox 72 pada 7 Januari, perusahaan akan meluncurkan Firefox 73 pada 11 Februari.

Via : Mozilla

Mozilla mengatakan perubahan tidak akan terjadi dalam semalam dan mengawasi transisi adalah prioritas bagi perusahaan untuk memastikan semuanya berjalan lancar.

“Kami akan menonton aspek-aspek seperti perubahan cakupan rilis; dampak produktivitas pengembang (penutupan pohon, kegagalan pembangunan); beta churn (peningkatan, regresi baru); dan stabilisasi dan kualitas rilis keseluruhan (stabilitas, kinerja, regresi carryover). Tujuan utama kami adalah untuk mengidentifikasi hambatan yang mencegah kami menjadi lebih gesit dalam irama rilis kami. Jika metrik kami menyoroti tren yang tidak terduga, kami akan menerapkan mitigasi yang tepat, ” jelas Mozilla.

Nah apakah kamu pengguna Firefox? bagaimana menurutmu? berikan komentarmu dibawah guys.

Via : Mozilla

  Android 10 vs iOS 13 — Eps.1!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.