Home Tutorial Cara Unlock Wallpaper Set Unik di Windows 7

Cara Unlock Wallpaper Set Unik di Windows 7

Salah satu keasyikan menggunakan Windows 7 adalah, kita sudah dimanjakan oleh pilihan wallpaper yang melimpah dalam set ‘theme‘ tertentu, sehingga kita bisa menggunakan theme tersebut dan menikmati kumpulan wallpaper dalam satu tema yang akan berganti-ganti pada periode waktu yang kita atur sendiri. Tapi tahukah kamu, sebenarnya ada set tema tersembunyi di Windows 7 yang sebenarnya diperuntukkan oleh pengguna berbasis region tertentu? Jika kamu mengacu pada standar instalasi Windows 7, maka kemungkinan kamu akan mendapatkan tema dari Region US atau ID (Indonesia). Namun region ID tidak memiliki tema wallpaper khusus. Secara umum set tema yang ditawarkan mirip dengan set tema pada wallpaper US. Oleh karena itu, jika kamu ingin mendapatkan variasi, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara memanfaatkan set wallpaper ini sangat mudah. Pertama-tama, ketikkan ini di Start Menu kamu:

C:\Windows\Globalization\MCT

Windows Explorer akan terbuka dan menampilkan seperangkat daftar subfolder, yaitu MCT-AU, MCT-CA, MCT-GB, MCT-US, dan MCT-ZA. Setiap subfolder ini memiliki wallpaper untuk negara spesifik. AU untuk Australia, CA untuk Kanada, GB untuk Inggris Raya, US untuk Amerika Serikat, dan ZA untuk Afrika Selatan.

Kamu juga bisa langsung memanfaatkan Address bar di Windows Explorer untuk mengetikkan alamat tadi. Oya, jika kamu meletakkan instalasi Windows kamu bukan di Drive C, maka huruf C harus kamu ganti dengan drive tempat instalasi Windows kamu letakkan.

Kamu akan mendapatkan beberapa pilihan region yang kesemuanya memiliki set tema Wallpaper tersembunyi. Pilih salah satu dan pastikan kamu memilih folder bertuliskan: Theme. Klik dua kali pada folder tersebut untuk menemukan set wallpaper dengan tema tertentu.

Klik dua kali pada Theme yang ditampilkan, maka kamu akan langsung mendapatkan set wallpaper baru di bagian Personalization milik kamu.

Ada beberapa set wallpaper dengan tema tertentu yang dapat kamu eksplorasi untuk menghilangkan kejenuhan pada tampilan desktop Windows 7 milik kamu.

Punya tips dan trik lain seputar tema Wallpaper tersembunyi di Windows 7? Sumbangkan pengetahuan kamu di kolom komentar!

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta