Yeah, Smartphone dengan Internal Storage 4GB Bisa Upgrade ke Windows 10 Mobile!

Windows 10 Mobile Final memang baru dirilis bulan Desember 2015 nanti, tetapi Microsoft sudah mulai bersiap dengan merilis halaman update officialnya. Dari situ kita bisa tahu berbagai detail seputar update Windows 10 Mobile Final ini.

Untuk itu berikut ini kita jelaskan lagi secara rinci cara update Lumia ke Windows 10 Mobile Final beserta persyaratannya.

 

Metode Update Windows 10 Mobile?

Begitu sudah dirilis nanti, kamu tinggal update Lumia Windows Phone 8.1 ke Windows 10 Mobile melalui OTA (Over the Air). Artinya update bisa langsung didownload dari Lumia kamu tanpa perantara dari PC.

 

Apa yang perlu disiapkan?

Karena update dilakukan via OTA, maka kamu tidak perlu PC ataupun kabel USB.

Tetapi ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan:

  • Pastikan kamu terhubung dengan internet Wi-Fi yang cepat, stabil, dan mumpuni untuk melakukan update.
  • Pastikan Lumia kamu memiliki 8GB internal storage, dengan minimal 1.5GB Free Space.
  • Pastikan kamu charge Lumia kamu sebelum update, minimal hingga 50% baterai power. Namun demikian kita sarankan charge dulu hingga full sebelum melakukan update.
  • Pastikan Lumia kamu berjalan dengan Windows Phone 8.1 yang up to date

 

Bagaimana jika tidak ada cukup free space di Lumia?

Jika Lumia kamu tidak memiliki cukup space untuk diupdate ke Windows 10 Mobile, kamu perlu menghapus atau memindahkan dulu berbagai aplikasi ataupun game yang terinstall untuk mendapatkan free space tambahan.

Kamu bisa melakukannya dengan cara phone > Apps and games. lalu tap move to SD atau Uninstall.

Kamu juga bisa memindahkan data-data yang ada di internal storage ke SD Card, atau ke PC sementara waktu.

Jika ternyata free space kamu masih juga kurang karena internal storage penuh dengan file system, maka solusi terakhir adalah melakukan Factory Reset Settings > System > About > Reset your phone.

Cara lainnya adalah melakukan recovery dengan Windows Device Recovery Tool (WDRT). Cara ini sangat ampuh untuk membuat internal storage Lumia kamu menjadi lowong dan siap diupdate ke Windows 10 Mobile.

 

Lumia Seri Apa Saja yang Bisa Diupdate?

Lumia 430, Lumia 435, Lumia 532, Lumia 535, Lumia 540, Lumia 635, Lumia 640, Lumia 640 XL, Lumia 735, Lumia 830, dan Lumia 930 dikatakan bakal menjadi device yang disupport Windows 10 Mobile Final ketika pertama kali dirilis Desember nanti.

Lumia seri lain (selama memenuhi syarat kebutuhan sistem Windows 10 Mobile diatas) kemungkinan bisa diupdate tetapi waktunya menyusul.

 

Cara Update Lumia ke Windows 10 Mobile Final?

Begitu Windows 10 Mobile Final dirilis nanti dan semua persiapan diatas sudah kamu penuhi, maka hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah backup dulu semua data di Windows Phone kamu.

  • Backup app data dan system settings, buka Settings > Update & security > Backup
  • Backup foto dan video, buka Settings > Devices > Default camera > Manage OneDrive upload settings
  • Backup SMS, buka Settings > System > Messaging > Text backup
  • Backup data lain yang diperlukan melalui File Explorer di PC

Setelah semua data selesai terbackup, langsung saja download update Windows 10 Mobile Final di Settings > Update & security > Phone update.

Lamanya proses download file update tergantung dari kecepatan dan kestabilan internet yang kamu gunakan. Setelah update terdownload, maka proses instalasi memakan waktu 15 menit hingga 2 jam, tergantung dari seri device yang kamu gunakan.

Selama proses update berlangsung, kamu tidak bisa menggunakan Windows Phone kamu. Jangan khawatir jika selama proses update Windows Phone kamu restart beberapa kali, hal ini sangat normal.

Satu hal yang sangat penting kamu catat adalah jangan pernah mematikan paksa Windows Phone kamu selama proses update berlangsung. Meskipun proses update terasa lama dan seolah-olah stuck, tunggu saja sampai selesai. Tancapkan charger jika khawatir Lumia kamu kehabisan baterai.

Mematikan paksa Lumia saat proses update bisa berakibat fatal, seperti rusaknya device karena nge-brick.

Setelah proses update dan instalasi Windows 10 Mobile selesai, proses bakal berlanjut ke update berbagai aplikasi yang sebelumnya terinstall di device kamu melalui Windows Store.

 

Done, selesai!

Done. Dengan cara itu maka Lumia kamu bakal sukses terupdate ke Windows 10 Mobile Final.

Kini kita hanya tinggal menunggu dirilisnya Windows 10 Mobile Final saja. Desember sudah dekat, jadi penantian kamu tidak akan lama. :D

  Wajib Kamu Tahu  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.