Samsung-Z1Kecil-kecil cabe rawit. Mungkin istilah ini tepat bagi sistem operasi mobile Tizen dari Samsung yang kini berada di posisi 4 sebagai sistem operasi mobile terbesar di dunia saat ini berdasarkan market share-nya.

Gaungannya yang belum seberapa besar ini (termasuk di Indonesia yang belum begitu akrab dengan namanya) sukses menggeser BlackBerry yang penjualannya merosot. Akibatnya, BlackBerry harus berada diposisi keempat.

Tizen OS dari Samsung ini dipakai dibeberapa perangkat Samsung Smart TV, smartwatch Gear S2, dan sejumlah smartphone kelas bawah seperti Samsung Z1 maupun Samsung Z3 yang baru-baru ini diluncurkan.

Berdasarkan laporan dari Strategy Analitics, disebutkan juga bahwa Windows Phone, BlackBerry, dan Firefox OS mengalami penurunan dari segi market share. Sementara iOS mengalami peningkatan karena meluncurnya iPhone 6S dan 6S Plus.

Mengingat Tizen dipakai diberbagai perangkat, ini akan menjadi tantangan buat Microsoft untuk membuat Windows Phone lebih agresif dipasar demi menaikan market share-nya, terlebih Microsoft berharap banyak dengan adanya Windows 10 untuk menantang pesaingnya dengan sejumlah fitur kerennya.

Via The Verge

  Aplikasi Favorit Tahun 2018  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.