Home Device CEO Nokia Menjadi Salah Satu Pembicara MWC 2017, Ada yang Baru?

CEO Nokia Menjadi Salah Satu Pembicara MWC 2017, Ada yang Baru?

nokia_mwc16_3053Mobile World Congress atau yang biasa kita kenal dengan MWC, merupakan salah satu event tahunan terbesar dalam dunia mobile technology. Mulai dari laptop, smartphone hingga berbagai penemuan terbaru dikenalkan pada event ini. Event yang digelar setiap akhir Februari di Barcelona ini juga menjadi salah satu tempat dimana Nokia dulu memperkenalkan smartphone buatannya, seperti Lumia 640 & 640 XL, Nokia X & XL, dan masih banyak lagi.

Tahun depan di MWC 2017, CEO Nokia Rajeev Suri akan menjadi salah satu pembicara inti dalam event akbar tersebut. Kabarnya, Nokia akan memperkenalkan produk baru buatannya. Sebuah angin segar mengingat dua tahun kemarin Nokia terasa seperti hibernasi, lebih fokus ke network dan memperluas perusahaan dengan membeli Alcatel-Lucent dan Withings. Nah, kira-kira apa saja yang baru dari Nokia untuk event MWC 2017 kali ini?

Device Android Nokia

Misteri Kotak Hitam Nokia Terpecahkan, Itu Adalah Nokia N1

Nokia sedang mempersiapkan sebuah perangkat Android. Spesifikasi perangkat ini telah bocor melalui situs benchmark. Konon, perangkat dengan codename Nokia D1C ini merupakan perangkat dengan layar lebar, 13 inci! Apakah ini tablet? Tapi 13 inci itu gede banget lho. Atau jangan-jangan… Laptop? Tapi OS Android Nougat? Aduduh saya benar-benar tidak ada gambaran perangkat macam apa ini. [Baca: Nokia D1C Bukanlah Smartphone Android]

Teknologi 5G

nokia-networks-750x350

Sudah bukan rahasia lagi jika Nokia sedang mengembangkan teknologi 5G, mengingat yang memopulerkan teknologi 2G, 2,5G, dan 3G di masa lalu adalah Nokia. Kabarnya teknologi 5G Nokia sudah semakin matang. Pada Teknologi 5G kali ini Nokia membuat sebuah jaringan dengan Latency yang amat sangat kecil. Sehingga komunikasi antar perangkat menjadi super cepat. Kamu bisa melihat Demo dari Nokia di video berikut:

Well, saya tahu banyak yang ragu dengan produk Nokia yang baru ini karena tidak diproduksi sendiri oleh Nokia. Meskipun demikian, teknologi dan desainnya dikembangkan di Nokia HQ. Perlu diingat pula bahwa Apple dan Samsung juga melakukan kerja sama dengan perusahaan lain untuk memproduksi perangkat mereka secara masal.

Nokia

Saya pribadi tumbuh dengan handphone Nokia. Nokia menjadi salah satu potongan mozaik terpenting yang membuat saya menyukai teknologi. Saya masih ingat sekali kenangan pertama kali dibelikan handphone yaitu sebagai hadiah lulus SD. Hari itu hujan, Saya masih memakai seragam, baru pulang setelah melihat hasil nilai UAN. Tanpa berkedip, menatap mbak-mbak di depan saya membuka dus Nokia 2626. Bukan handphone yang paling canggih, tapi menjadi yang tak terlupakan.

Jujur saya agak terpukul ketika Nokia terpuruk dan harus menjual divisi mobile mereka ke Microsoft. Windows Phone is great, but it feels different without Nokia. Coba ingat, dulu ketika ditanya, smartphone apa dengan kamera terbaik? Serentak jawabannya pasti, Nokia Lumia! :)

Nah bagaimana menurutmu? Apakah kamu juga menantikan comeback dari Nokia? Bagikan pendapatmu disini yak! :)

Source: MWC

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Author dan Illustrator yang mencintai teknologi.