Home Editorial Clean Install atau Upgrade, Mana yang Lebih Baik untuk Menginstal Windows 10?

Clean Install atau Upgrade, Mana yang Lebih Baik untuk Menginstal Windows 10?

cleaninstalldanupgradewindows10_1

Seperti yang kalian telah ketahui bahwa pada Windows 10 ini, Microsoft menawarkan banyak sekali fitur menarik seperti Cortana, Continuum, Windows Hello, Tablet Mode, Universal Apps, dsb. Yang tentunya bisa menjadi alasan untuk upgrade ke OS ini. Ditambah Microsoft juga memberikan OS ini secara cuma-cuma hingga pertengahan tahun 2016 ini untuk pengguna Windows 7 dan Windows 8.1 dengan Genuine License.

Setelah beberapa waktu yang lalu saya membahas tentang perbedaan mengenai upgrade dengan melalui ISO dan Windows Update. Mungkin diantara kalian masih ada yang bertanya cara mana yang lebih baik untuk upgrade dari OS Sebelumnya ke Windows 10 dengan metode Clean Install atau dengan cara Upgrade Windows (via Windows Update)?

Berikut kali ini saya akan sedikit pembahasan mengenai perbedaan antara perbedaan metode Clean Install dan Upgrade di Windows 10.

Clean Install Windows 10

Jika kamu menginginkan kondisi Windows 10 yang Fresh from the oven, maka metode Clean Install adalah pilihan yang tepat. Meskipun Microsoft tidak menawarkan upgrade dengan cara melakukan Clean Install ini.

cleaninstalldanupgradewindows10_2

Meskipun begitu, dengan menggunakan metode ini kamu mendapatkan banyak keuntungan. Diantaranya, sistem Windows 10 yang benar-benar baru tanpa adanya bawaan aplikasi dari sistem operasi sebelumnya. Serta kamu dapat memilih aplikasi yang diperlukan sesuai dengan kompatibilitas software itu sendiri dengan Windows 10.

Selain itu dengan Clean Install maka kamu dapat memperkecil kemungkinan terjadinya error atau bawaan masalah pada OS sebelumnya. Karena itu banyak masalah pada sistem yang pemecahannya dilakukan dengan cara Clean Install OS.

Untuk permasalahan aktivasi, mungkin kamu yang menggunakan sistem operasi sebelumnya akan mendapat sedikit masalah. Karena kedepannya kamu membutuhkan key Windows 10 yang valid untuk melakukan aktivasi.

cleaninstalldanupgradewindows10_3

Metode Clean Install ini juga membutuhkan waktu yang agak lama, karena sistem harus mereplace ulang semua file installasi Windows 10. Termasuk untuk Drivers, karena dengan melakukan metode ini maka kamu akan menghapus seluruh driver yang ada, jadi setelah melakukan Clean Install ini maka hal yang perlu kamu perhatikan adalah mencari driver yang sesuai dengan hardware kamu dan kompatibel dengan Windows 10.

Upgrade Windows 10

Metode dengan cara upgrade melalui GWX (Get Windows 10) ini adalah yang direkomendasikan oleh Microsoft. Karena banyak keuntungan tersendiri yang tidak kamu dapatkan ketika melakukannya dengan melalui Clean Install.

cleaninstalldanupgradewindows10_4

Diantaranya, Waktu yang diperlukan tidak begitu lama ketimbang Clean install dan Upgrade ini tidak membutuhkan backup apa-apa karena sistem sendiri yang akan bekerja untuk me-replace sistem operasi sebelumnya. Selain itu kamu tidak perlu melakukan format hardisk untuk menginstall Windows 10, dengan kata lain personal files yang ada pada sistem operasi sebelumnya akan tetap ada. Kemudian kamu juga tidak perlu memasukan product key lagi untuk pengguna Windows 7 dan Windows 8.1 dengan lisensi yang Valid.

cleaninstalldanupgradewindows10_6

Lalu jika kamu menggunakan metode ini, maka kamu memiliki opsi untuk Roll-back ke Windows 7 atau Windows 8.1 jika sewaktu-waktu Windows 10 mendapat masalah.

cleaninstalldanupgradewindows10_5

Selain itu yang membedakannya dengan Clean Install adalah kamu bisa mendapatkan Edisi Windows 10 yang tepat sesuai dengan Upgrade. Ketimbang Clean Install yang mengharuskan memilih edisi yang tepat sebelum mendownloadnya.

Untuk sisi buruknya dengan cara Upgrade ini adalah. Ketika selesai melakukan Upgrade, terkadang ada aplikasi dari Windows 7 dan Windows 8.1 yang belum kompatibel dengan Windows 10, sehingga mengharuskan kamu untuk melakukan troubleshooting ataupun mendownload versi terbaru dari Software tersebut.

Kesimpulan

Setelah mengetahui perbedaan antara Clean Install dan Upgrade Windows, ada keuntungan dari kerugian tersendiri dari 2 metode tersebut. Tetapi menurut pribadi saya, metode Upgrade Windows (melalui Get Windows 10) merupakan cara yang terbaik untuk upgrade ke Windows 10. Karena hanya itu cara yang direkomendasikan Microsoft untuk beralih ke Windows 10.

Lalu jika kamu tanya pendapat saya mengenai cara yang yang terbaik untuk mendapatkan Windows 10 yang fresh?. Maka saya lebih memilih untuk melakukan Upgrade Windows 10 melalui GWX, setelah Windows 10 terinstal dan mendapatkan masalah kompatibilitas, maka saya langsung melakukan Clean Install untuk mendapatkan sistem yang lebih fresh dan tidak bermasalah dengan aktivasi. (Baca : Wow..Reinstall Windows 10 Tidak Perlu Lagi Memasukkan Key!)

That’s it 😉

  Unboxing Orico Hardisk Docking Station  

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.