Salah satu hal yang mungkin cukup mengesalkan ketika kita ingin menyelam di directory menggunakan CMD adalah mengetikkan nama directory tersebut satu persatu, kita memang bisa menggunakan fitur tombol kombinasi (Shift + klik kanan > kemudian menekan Open Powershell window here), namun kebanyakan hal tersebut jarang dilakukan atau bahkan ada beberapa pengguna yang tidak menyadari keberadaan fitur tersebut.

Selain itu, sebenarnya kita juga bisa dengan mudah menyalin path dari directory atau folder dengan mudah di Windows 10 atau versi Windows sebelumnya dengan klik kanan pada address bar di File Explorer kemudian klik Copy address namun sekali lagi itu juga jarang dilakukan karena memang agak sedikit ribet untuk dilakukan.

Nah kawan kawan, mengenai hal tersebut di Windows 11 ada sebuah hal dan fitur yang menarik dan saya rasa memperbaiki dan akan mempermudah kita untuk menyalin alamat dari directory yang akan kita masukkan dimanapun.

Yap, bagi kamu pengguna Windows 11 mungkin kamu sudah tahu bahwa Context menu di Windows 11 sudah berubah dengan menampilkan tampilan baru yang lebih modern, namun bukan hanya itu loh, ada opsi Copy as path yang tentu sangat bermanfaat dalam beberapa kondisi.

Seperti yang dikatakan sebelumnya, dengan opsi ini kita bisa dengan mudah menyalin sebuah folder atau directory sebagai path untuk selanjutnya kita tempel / paste di command prompt / windows powershell atau linux bash dengan mudah tanpa perlu manual menyalin path dari address bar File Explorer.

Nah selain itu, yang lebih menarik lagi, di Windows 11 Insider Preview, Microsoft bahkan menambahkan keyboard shortcut baru yaitu (CTRL + Shift + C) yang berfungsi untuk menyalin path dengan cepat. Ini menunjukkan bagaimana pentingnya fitur tersebut sehingga Microsoft menambahkannya di Context menu dan bahkan keyboard shortcut.

Untuk para pengguna biasa mungkin hal ini tidak terlalu menjadi highlight yang berarti, namun untuk para developer yang selalu bermain dengan poweshell, cmd, windows terminal dan linux bash, fitur ini tentu akan sangat bermanfaat.

Bagaimana menurutmu? komen dibawah guys dan berikan opinimu…

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.