Cortana Bakal Hadir ke Android dan iOS, Inilah Alasannya

Sepertinya Cortana tidak akan eksklusif lagi untuk Windows Phone. Dalam waktu yang tidak lama lagi pengguna Android dan iOS nampaknya bakal bisa menikmati smart assistant andalan Windows Phone ini. Hal ini tersirat dari pernyataan Microsoft Chief Experience Officer Julie Larson-Green ketika mengadakan meeting dengan jurnalis dan analis.

Ketika ditanya apakah Cortana bakal hadir ke platform lain, Julie Larson-Green dengan tegas menjawab “Secara singkat, ya.

Sebelumnya Group Program Manager Windows Phone Marcus Ash juga menyiratkan hal yang sama ketika menghadiri SMX Advanced di Seattle. Saat itu Marcus menyatakan bahwa Microsoft saat ini tengah mendiskusikan secara internal untuk membawa Cortana ke Android dan iOS.

Hal ini tentu saja mengagetkan banyak pecinta dan pengguna Windows Phone. Mereka menganggap bahwa dengan melucuti aplikasi eksklusif di Windows Phone satu per satu ke Android dan iOS bakal membuat smartphone tersebut tidak memiliki kelebihan sama sekali dibandingkan platform lainnya.

OneDrive, Microsoft Office, Outlook, dan berbagai aplikasi andalan Windows Phone lainnya memang kini sudah tersedia gratis bagi Android dan iOS. Bahkan Nokia HERE pun juga sudah menyatakan akan lebih fokus ke Android dan iOS daripada Windows Phone.

Lalu kenapa Microsoft juga ingin membawa Cortana ke platform Android dan iOS? Berdasarkan pengamatan dan analisa WinPoin, berikut ini adalah beberapa alasannya.

Tidak Semua Pengguna Windows Menggunakan Windows Phone

Cortana bakal hadir ke Windows, namun tidak semua pengguna Windows menggunakan Windows Phone. Jika mereka bisa berinteraksi dengan Cortana di PC, Laptop, atau Tablet Windows tetapi tidak bisa berinteraksi melalui smartphone, maka pengalaman mereka dalam menggunakan Cortana tidak akan lengkap.

Untuk memastikan semua pengguna Windows bisa menikmati Cortana baik di PC, Laptop, Tablet, maupun Smartphone, maka Microsoft juga harus menghadirkan Cortana ke platform yang banyak digunakan oleh pengguna Windows yaitu Android dan iOS.

Dengan begitu pengguna Windows akan puas karena bisa menggunakan Cortana melalui semua device yang dimilikinya.

Menarik Pengguna Android dan iOS ke Windows Phone

Dihadirkannya Cortana ke Android dan iOS tentunya tidak memiliki fitur selengkap Cortana di Android. Hal ini karena Microsoft tidak bisa dengan bebas mengakses seluruh sistem seperti ketika mereka bebas mengakses Windows Phone yang mereka kembangkan sendiri.

Hasilnya Cortana di Android dan iOS tidak akan se-powerful Cortana di Windows Phone.

Pengguna Windows yang telah menikmati hebatnya Cortana dengan fitur penuh namun tidak bisa menikmati seluruh kehebatan fiturnya di Android dan iOS bakal mempertimbangkan untuk mengganti smartphone nya menjadi Windows Phone.

Tentu saja ini skenario terbaik yang bisa terjadi. Skenario terburuk adalah Windows Phone makin terpuruk karena tidak memiliki aplikasi eksklusif, sedangkan Android dan iOS makin melejit karena banyak aplikasi keren Microsoft yang terus bermunculan di platform tersebut.

“Mobile First, Cloud First” bukan “Windows Phone First”

CEO Microsoft saat ini Satya Nadella punya mantra baru bagi Microsoft yaitu “Mobile First, Cloud First”. Mobile disini berarti seluruh platform mobile, termasuk Windows Phone, Android dan iOS. Jadi dengan konsep ini Microsoft ingin layanannya bisa tersebar dan dinikmati oleh seluruh pengguna mobile device, tidak hanya pengguna Windows Phone saja.

Demi Keuntungan

Tidak diragukan lagi bahwa Android dan iOS memiliki market share yang jauh lebih besar daripada Windows Phone. Dengan menghadirkan aplikasi andalan ke platform populer tersebut, berarti Microsoft membuka gerbang keuntungan besar yang bisa mereka dapatkan dari mayortias pengguna mobile.

Membawa Cortana ke Windows Phone, Android, dan iOS sekaligus akan membuat aplikasi tersebut bisa digunakan oleh hampir seluruh pengguna mobile di dunia.

Hal itu juga yang menjadi salah satu alasan kenapa Microsoft menggratiskan Microsoft Office ke Android dan iOS akhir-akhir ini.

Lalu Bagaimana Nasib Windows Phone?

Jika Cortana memang benar bakal dihadirkan ke Android dan iOS, maka yang jelas Windows Phone kehilangan eksklusifitas nya. Windows Phone seolah dilucuti dan semua aplikasi andalannya bisa digunakan di platform lain.

Windows Phone bisa saja makin terpuruk atau makin populer, tergantung dari bagaimana strategi Microsoft terhadap WP kedepannya.

Tetapi satu yang perlu diingat bahwa belum ada keputusan final tentang hal ini. Semua masih dalam tahap diskusi internal di Microsoft. Dan bagi kamu yang tidak setuju Cortana dihadirkan ke Android dan iOS bisa ikut vote di UserVoice ini.

Jika Cortana jadi dihadirkan ke Android dan iOS, menurut kamu apakah Windows Phone bakal menjadi semakin populer atau malah terpuruk?

via business insider | neowin

  Kirim SMS Lewat PC..?? Bisa Kok!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.