Nokia HERE Maps Akan Lebih Fokus ke Android dan iOS daripada Windows Phone

Jangan bingung dulu. Nokia memang sudah dibeli Microsoft, tetapi hanya bisnis device dan supportnya saja. Sedangkan divisi layanan seperti HERE Maps masih menjadi milik Nokia.

Kini setelah bisnis device dan supportnya dibeli oleh Microsoft, Nokia mulai mencari sumber pendapatan baru dengan memperluas pengguna HERE Maps. Senior Vice President untuk Everyday Mobility HERE, Sean Fernback, menyatakan bahwa mereka akan lebih fokus ke pengembangan HERE untuk Android dan iOS daripada untuk Windows Phone.

Segala resource development HERE akan diarahkan ke iOS dan Android, sedangkan pengembangan HERE untuk Windows Phone akan dikurangi.

Nokia juga memutuskan untuk berhenti mengembangkan HERE untuk platform “mati” Nokia X.

Keputusan ini masuk akal mengingat jumlah pengguna Android dan iOS masih jauh diatas pengguna Windows Phone. Dengan fokus ke kedua platform tersebut maka Nokia akan mendapatkan tambahan pengguna (dan pendapatan) yang tidak sedikit!

Kita tahu sebagian dari kamu pengguna Windows Phone mungkin merasa kecewa karena Nokia HERE merupakan aplikasi mapping yang sangat powerful dan membedakan WP dengan smartphone lainnya.

Namun jangan khawatir karena keputusan ini tidak akan membuat Nokia HERE hilang dari Windows Phone. Microsoft sudah membayar lisensi Nokia HERE selama 10 tahun kedepan. Ini artinya HERE bakal terus ada di Windows Phone lengkap dengan offline maps nya untuk jangka waktu yang masih sangat panjang.

Dirilisnya HERE Maps di Android dan iOS bahkan bisa meningkatkan kualitas dari maps itu sendiri, karena sebagai cloud apps, HERE maps bakal semakin akurat dengan semakin banyaknya input dari pengguna.

Seperti yang sudah kita beritakan sebelumnya, HERE Maps sudah hadir ke platform Android melalui Samsung Galaxy. Ini adalah awal dari hadirnya HERE Maps ke seluruh device berbasis Android dan iOS.

Bagaimana tanggapan kamu dengan keputusan Nokia ini? Apakah sebagai pengguna WP kamu merasa kecewa dengan keputusan ini?

via tnw

  15 Fitur Baru Keren Android P  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.