Cara Mengetahui Judul Lagu dengan CortanaSebagai salah satu ekosistem penting dalam Microsoft, ditutupnya Groove Music memberikan dampak yang cukup signifikan. Salah satu yang terkena dampak ini adalah Cortana yang kehilangan kemampuannya untuk mengenali lagu.

Pertama dikenalkan pada 2014, Cortana dibekali kemampuan yang serupa dengan Shazam, teknologi kecerdasan buatan untuk mengenali sebuah lagu. Biasanya saat Cortana menemukan lagu yang sedang diidentifikasinya, kamu akan disuguhi judul, penyanyi, album, serta link yang menuju Microsoft Store untuk membeli album tersebut. Namun kini saat kamu mencoba kemampuan ini yang muncul hanya ‘Song unrecognized’.

images via Windows Central

Jason Deakins, salah satu pengembang Cortana di Microsoft telah mengkonfirmasi hilangnya kemampuan ini melalui balasan sebuah pertanyaan di Twitter.

Mengingat Shazam telah ditarik dari Windows Store pada Maret 2017 lalu, Microsoft kini hampir tidak punya aplikasi untuk mengenali lagu. Memang, masih ada SoundHound, namun aplikasi tersebut hanya tersedia di Windows 10 Mobile dan database musiknya kalah jauh dibanding Shazam. Apalagi, Shazam kini telah dibeli oleh Apple yang kemungkinan untuk comeback ke Windows 10-nya nyaris tidak ada.

Hilangnya Groove Music merupakan salah satu bagian efek Domino dari matinya Windows 10 Mobile. Apakah Microsoft akan bekerja sama dengan pihak ketiga untuk menghentikan kejadian beruntun ini? Misalnya bekerja sama dengan Amazon, Apple, atau Google untuk menjual musik? Bagikan pendapatmu disini ya!

 

via Windows Central

  Apa itu Black Friday..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.