Home News CSHELL: Membuat Windows 10 Bisa Berjalan di PC, Mobile, Xbox, Hingga HoloLens

CSHELL: Membuat Windows 10 Bisa Berjalan di PC, Mobile, Xbox, Hingga HoloLens

CHSELL: Membuat Windows 10 Bisa Berjalan di PC, Mobile, Xbox, Hingga HoloLens

Ada core ada shell. Windows Shell adalah elemen sistem dan obyek yang menjadi basis untuk menjalankan aplikasi serta berbagai komponen seperti Desktop, Taskbar, Start Menu, dsb. Saat ini Shell di Windows 10 berbeda-beda tergantung versi yang kamu gunakan.

Misalnya saja Windows 10 Mobile memiliki shell yang berbeda dengan Windows 10 PC, begitu pula berbeda dengan Xbox dan HoloLens. Masing-masing shell tersebut diupdate dan dimaintain secara terpisah.

Tetapi Microsoft ingin merombak Windows 10 dengan membuat shell yang bisa berjalan di berbagai device, mulai dari PC, tablet, smartphone, HoloLens, bahkan Xbox. Shell baru ini mereka sebut sebagai Composable Shell atau CSHELL.

CSHELL ini bakal sama di semua versi Windows 10, dan bisa menyesuaikan tampilannya sesuai dengan tipe device yang digunakan. Cara kerjanya mirip Continuum di PC dan tablet, hanya saja bedanya CSHELL juga bakal bisa menyesuaikan skalanya saat dipakai di mobile, Xbox, hingga HoloLens.

Dengan CSHELL ini pula Windows 10 Mobile bakal menjadi smartphone saat sedang di mobile, tetapi bisa menjadi Windows 10 desktop dengan experience yang full PC saat terhubung ke layar, mouse, dan keyboard.

Dan jika device rumor kemarin benar terealisasi, CSHELL ini pula yang akan memungkinkan Surface Phone menjadi Windows 10 Mobile saat ditekuk dalam bentuk smartphone, dan otomatis menjadi Windows 10 PC / tablet saat dibuka menjadi tablet. (Baca: Microsoft Patenkan Perangkat Layar Lipat, Inikah Konsep Surface Phone?)

Selain memudahkan pengguna Windows 10 sekaligus meningkatkan experience nya di berbagai jenis dan ukuran device, CSHELL ini memudahkan Microsoft dalam melakukan update dan maintenance. Hal ini karena hanya ada satu Windows shell saja untuk semua jenis perangkat dengan berbagai macam ukuran.

Namun demikian jangan terlalu berharap fitur ini segera hadir karena nampaknya masih butuh beberapa update mayor lagi agar CSHELL ini dirilis bagi seluruh pengguna Windows 10.

Ya..core dan shell Windows 10 yang sama untuk desktop, laptop, tablet, smartphone, Xbox, hingga HoloLens. Itulah esensi dari CSHELL yang tengah dikembangkan Microsoft saat ini.

Menarik sekali bukan?

  Menggabungkan Banyak File PDF Menjadi Satu  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.