Home News Ditemukan Handphone Nokia Berusia 800 Tahun?

Ditemukan Handphone Nokia Berusia 800 Tahun?

ancient-phoneBeberapa waktu ini, muncul kabar di internet penemuan sebuah Handphone berusia 800 tahun. Kabar tersebut mengatakan sekelompok arkeolog Austria menemukan benda mirip handphone ketika menggali sebuah situs. Berita ini menjadi viral dan ramai dibicarakan banyak situs teknologi diluar sana.

Menariknya, bentuk fisik dari handphone yang membatu ini menyerupai bentuk handphone Nokia dan Ericsson jadul. Yang membedakan adalah keypadnya bukan berupa angka dan huruf, melainkan simbol-simbol. Simbol tersebut menyerupai simbol di masa Babilonia yang membuat benda tersebut disebut BabyloNokia

art-replica-1024x675

Para pencinta konspirasi langsung membuat berbagai rangkaian cerita, misal handphone ini dibawa alien dari masa depan, perjalanan menembus waktu dari seseorang di masa depan (orang masa depan kok bawa hp jadul?), dan lain sebagainya.

Apakah berita ini benar?

Well, untuk kamu yang sudah terlanjur penasaran, sayang sekali. Sebenarnya semua berita yang tersebar luas dan ramai itu hanyalah hoax semata. Bohong. Benda tersebut tak lain hanyalah sebuah karya dari tanah liat yang dibuat oleh Karin and Karl Weingärtner of the Art Replik Studio pada Januari 2012 silam dan dibuat hanya untuk keperluan marketing saja.

Nah, bagikan berita ini ke teman-teman, saudara dan keluargamu ya, supaya mereka tidak ikut-ikutan ramai tertipu oleh berita kosong di Internet. :)

Author dan Illustrator yang mencintai teknologi.