Para video editor yang menggunakan Final Cut Pro didalam perangkat mereka mungkin sudah mengenal dengan apa itu Apple ProRes, yaitu sebuah codec yang dibuat khusus untuk perangkat lunak Apple yang bertujuan untuk menggabungkan kinerja pengeditan dan kualitas gambar yang lebih baik.

Sebuah kabar baik bagi mereka yang menggunakan Codec ini, dimana baru baru ini Apple memperkenalkan ProRes Raw dan ProRes Raw HQ, versi yang lebih maju dari codec yang dimaksudkan untuk pembuatan konten HDR dalam aplikasi Final Cut Pro. Yang menariknya dan menjadi kabar baik bagi sebagian orang, yaitu kini dukungan ProRes Raw hadir untuk sistem operasi Windows.

Meskipun saat ini Apple ProRes Raw Codec ini masih berstatus beta, namun banyak aplikasi yang akan mendukung codec ini, seperti diantaranya ada, Adobe After Effect, Adobe Media Encoder, Adobe Premiere , dan Adobe Premiere Rush, tentunya pengguna harus menggunakan versi beta aplikasi tersebut agar codec bisa berjalan.

Bagi kamu yang tertarik, kamu bisa mendownload Apple ProRes Raw Codec untuk Windows pada halaman berikut, dan perlu diingat nih guys, bahwa hanya versi 64 Bit saja yang didukung.

Bagi yang belum terbiasa dengan ProRes Raw ini, kamu dapat mempelajarinya pada halaman Apple Berikut.

Referensi : Apple, Neowin

  Technow #46: Snapdragon 888..!! RIP Galaxy Note? Bliss OS, iPhone 13 Periscope Zoom!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.