Home News Eh..Surface Laptop Tidak bisa Dibongkar Tanpa Merusaknya!

Eh..Surface Laptop Tidak bisa Dibongkar Tanpa Merusaknya!

Jangan pernah bongkar Surface Laptop, serius!

Eh..Surface Laptop Tidak bisa Dibongkar Tanpa Merusaknya!

Pengen beli Surface Laptop, lalu upgrade RAM, atau hardisk, atau sekedar melihat dalemannya? Jangan harap kamu bisa melakukan tanpa merusaknya.

Surface Laptop merupakan laptop yang sangat cantik. Mewah, tipis, indah, dan elegan. (Baca: Inilah Tampilan, Harga, dan Spesifikasi Surface Laptop)

Bahkan menurut WinPoin, Surface Laptop dengan beragam warna-warninya ini lebih cantik daripada berbagai jajaran MacBook saat ini. Namun ternyata dibalik kecantikan itu ada harga yang harus dibayar: kamu tidak bisa membongkar tanpa merusaknya! Begitu dibongkar, bisa dibilang bahwa komponen Surface Laptop hampir mustahil untuk disatukan lagi seperti semula.

Hal ini WinPoin ketahui dari iFixit, yang memang spesialis dalam menyediakan panduan membongkar berbagai perangkat populer.

Pertama, body Surface Laptop tidak menggunakan sekrup, melainkan langsung memakai “plastic soldering” yang membuatnya tidak bisa dibuka — atau kalau dipaksa dibuka, maka hampir mustahil untuk ditutup kembali.

kedua, di sela-sela cover dan komponen, di-lem sangat erat oleh Microsoft, sehingga untuk membukanya kamu harus memakai kekerasan dengan menggunakan pisau ataupun pick khusus.

Baterai konektor juga tidak diletakkan di tempat yang mudah untuk dilepas, yang merupakan standar penting sebelum membongkar komponen-komponen lainnya. Ternyata butuh hingga 10 langkah bongkar-bongkar sampai akhirnya menemukan baterai konektor dan bisa dilepaskan.

iFixit menyatakan bahwa Surface Laptop tidak bisa dibongkar tanpa merusaknya. Jadi jangan harap kamu bisa upgrade berbagai komponen, bahkan mengganti komponen yang rusak dengan mudah. iFixit bahkan memberikan rating 0 dari 10 untuk kemudahan perbaikannya.

Untuk itu jika kamu berminat membeli Surface Laptop, pastikan kamu mempertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu:

  1. Laptop ini pada dasarnya tidak bisa dibongkar
  2. Jangan harap bisa mengganti komponen yang rusak, atau upgrade komponen dengan mudah.
  3. Memperbaiki Surface Laptop bakal menjadi hal yang sangat menantang, karena menurut iFixit, setelah dibongkar, hampir mustahil untuk dikembalikan lagi.

Jika kamu sudah memahami ketiga hal diatas dan merasa oke, maka silakan beli Surface Laptop. Karena bagaimanapun juga, laptop besutan Microsoft ini merupakan sebuah masterpiece yang amat sangat cantik.

via ifixit

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.