Minggu lalu, Microsoft merilis Windows 10 Build 20152 ke Dev Channel (dulu disebut Insider Fast Ring), versi tersebut hadir dengan membawa banyak perbaikan didalamnya.

Dan tidak lama setelahnya, tepat hari ini, Microsoft kembali merilis Build baru untuk Windows 10 21H1 ini, dimana build yang diberikan adalah Build 20161, dan berbeda dengan update yang sebelumnya diberikan, build ini membawa beberapa fitur baru yang cukup menarik.

Redesign Start Menu

Nah setelah cukup lama dirumorkan dan dikabarkan, Redesign Start Menu yang kini lebih seirama tersebut hadir di Windows 10 Build 20161. Memang secara desain tidak banyak berubah, namun kini membawa warna pada Live Tiles menjadi seirama dengan warna User Interface Start Menu, baik itu ketika berada di Light Mode atau Dark Mode.

Dark Mode
Light Mode

Selain itu pengguna juga bisa mengatur Accent Color agar terlihat lebih menarik pada Taskbar, Start Menu dan Actions Center pada halaman Settings > Personalization > Color, seperti yang Microsoft Catat berikut:

“This refined Start design looks great in both dark and light theme, but if you’re looking for a splash of color, first make sure to turn on Windows dark theme and then toggle “Show accent color on the following surfaces” for “Start, taskbar, and action center” under Settings > Personalization > Color to elegantly apply your accent color to the Start frame and tiles.” Catat Microsoft.

Ini tema nya saya kurang suka

ALT + TAB Untuk Navigasi Situs dan Aplikasi

Sebuah behavior baru telah ditambahkan Microsoft, dimana pengguna akan dapat melakukan navigasi Tab Situs d Browser yang terbuka dengan menggunakan tombol kombinas ALT + Tab.

Selain itu, kamu bisa mengaktifkan Classic Tab Experience pada Settings > System > Multitasking, agar ALT + Tab hanya menampilkan last three atau last five dari Tab yang sedang terbuka. Atau bahkan jika kamu kurang suka dengan fitur ini, kamu juga bisa mematikkannya.

Microsoft mencatat, fitur ini membutuhkan Canary atau Dev Edge Chromium dengan version 83.0.475.0 atau yang lebih tinggi.

Fitur ini tentu merupakan sebuah penambahan yang sangat besar, dan akan sangat bermanfaat sekali bagi para pengguna yang suka bernavigasi dan bermultitasking dengan cepat menggunkan keyboard shortcut.

Taskbar Yang Lebih Di Personalisasi

Sebenarnya ini bukanlah sebuah fitur yang cukup penting, namun hanyalah sebuah personalisasi pada taskbar ketika pengguna baru selesai log in ke Windows 10 untuk pertama kali (setelah install ulang), dimana nantinya ada beberapa skenario dan tampilan Taskbar yang menyesuaikan dengan akun dan konfigrurasi yang pengguna pilih saat melakukan settings pada OOBE Setup.

Seperti contoh pada gambar diatas, pengguna yang sudah melakukan link dengan Your Phone akan menampilkan Your Phone App sudah ter Pin di Taskbar.

Peningkatan Notification Experience

Ada beberapa perubahan untuk meningkatkan pengalaman Notifications di Windows 10, dimana akan ada tombol X pada sudut kanan atas untuk dengan cepat menutup Toast.

Dan yang kedua penggung tidak akan lagi mengetahui bahwa Focus Assist telah diaktifkan melalui automatic rule via notification, namun pengguna bisa kembali mengimplementasikan behavior lama melalui Settings.

“we are turning off the Focus Assist notification and summary toast by default, so we will no longer let users know that Focus Assist has been turned on through an automatic rule via a notification. This can be changed back to the previous behavior via Settings.” Catat Microsoft

Beberapa Penambahan Lainnya

Selain beberapa yang telah disebutkan diatas, Microsoft melakukan migrasi informasi yang ada di halaman Control Panel ke halaman Settings > About. Selain itu Link yang akan membuka halaman System di Control Panel akan diarahkan juga ke halaman About di Settings.

Intinya, perlahan Microsoft mulai memindahkan beberapa fitur Control Panel ke Settings, dan dalam beberapa tahun kedepan bisa saja Control Panel benar benar dihilangkan dari System Operasi Windows.

Selain itu, ada peningkatan Tablet Experience untuk perangkat 2 in 1, dimana ketika perangkat dilepas tidak akan lagi menampilkan notifications toast dan perangkat akan langsung diberikan tablet mode, begitu pula sebaliknya.

Cukup menarik memang fitur yang diberikan Windows 10 Build 20161 ini, dan pengguna Insider Dev Channel dapat mengupdatenya sekarang juga melalui halaman Settings > Update & Security > Windows Update.

Nah silahkan kamu berikan pendapatmu manakan fitur yang terbaik yang diberikan Microsoft hari ini?

Via : Microsoft

  Redmi 9A Indonesia: Kenapa Bisa Murah..??  

BELI GADGET MURAH DISINI AJA

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.