Sebuah kabar terbaru terkait PC Windows 10, baru baru ini Microsoft dalam halaman Blog Developer DirectX mengumumkan bahwa DirectStorage yang hadir di Xbox Series X tampaknya direncanakan akan di Porting ke PC Windows 10.

Ini tentunya menarik, mengingat, fitur ini dirancang untuk memungkinkan para developer untuk membuat beberapa I/O queues yang mana dengan itu akan meningkatkan kemampuan loading, latensi data, dan rendering dalam permainan, intinya akan ada peningkatan performa yang sangat signifikan jika fitur ini telah diaktifkan.

Untuk memanfaatkan DirectStorage, PC Windows 10 haruslah sudah menggunakan Storage berkecepatan tinggi yang mana untuk saat ini adalah NVMe SSD. Kenapa harus NVMe, seperti yang dijelaskan Microsoft, NVMe bukan hanya perangkat SSD dengan Bandwidth yang tinggi, namun juga karena adanya NVMe Queues yang sangat cocok untuk beban kerja sebuah game.

NVMe devices are not only extremely high-bandwidth SSD-based devices, but they also have hardware data access lines, called NVMe queues, that are particularly suitable for game workloads… An NVMe store can have multiple queues, and each queue can contain many requests at once. This fits perfectly with the parallel and stacking nature of modern game workloads“, jelas Microsoft.

Untuk sekarang memang DirectStorage masih belum hadir di PC Windows 10 karena Memory API di Windows yang sekarang tidak dioptimisasi untuk persyaratan akan fitur ini, namun Microsoft sudah bekerja sama dengan mitranya untuk menyelesaikan pembangunan DirectStorage API dan komponen yang didukungnya, diharapkan, fitur ini akan diluncurkan sebagai Developer Preview untuk Game Developer beberapa tahun mendatang.

Terkait hal ini, kamu dapat mempelajarinya lebih lanjut pada halaman pengumuman Microsoft berikut.

Nah bagaimana menurutmu? tentunya ini adalah hal baik bagi mereka para Gamers yang sudah menggunakan Storage NVMe SSD sebagai media penyimpanan Game mereka, ya setidaknya memang untuk sekarang masih belum ada peningkatan apa apa, namun dimasa depan, perbedaan performa akan sangat terasa seandainya API dari DirectStorage ini sudah diimplementasikan.

Via : Microsoft, Deskmodder, Windows Central

  21+ Fitur Tersembunyi iOS 14: Wajib Coba!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.