Fitur ‘Find on Page’ di Microsoft Edge Akan Diperbarui Dengan Tenaga AI

‘Find on Page’ merupakan satu fitur yang mungkin jarang pengguna gunakan namun sebenarnya sangat bermanfaat jika dibutuhkan. Karena cukup dengan menekan tombol kombinasi CTRL + F di Microsoft Edge, kita bisa mengetik kata kunci yang akan kita cari pada halaman yang tengah kita buka tersebut.

Dan mengenai fitur itu guys, baru baru ini Microsoft telah menambahkan daftar baru pada Microsoft 365 Roadmap, dimana mereka akan menghadirkan smart find features yang merupakan peningkatan dari find on page yang akan dikembangkan kembali dengan menerapkan tenaga AI.

“Searching for a word or phrase on a webpage has become easier with AI. Even if you misspell a word in your search query, well suggest related matches and words making it effortless to find what you’re looking for. When you search, simply select the suggested link to quickly locate the desired word or phrase.”

Seperti pada gambar diatas, nantinya browser akan menampilkan kata kunci yang mirip atau sinonim dari apa yang kita cari, selain itu, akan ada dua opsi filter yang kini telah tersedia di Edge 116, dimana ini akan memungkinkan pengguna mencocokkan seluruh kata dan melakukan pencarian case-sensitive berdasarkan huruf besar-kecil.

Kapan fitur Smart Find ini akan diluncurkan?

Menurut kabar yang beredar, Smart Find akan mulai diluncurkan untuk semua penguna dibulan September 2023 mendatang, namun untuk kamu yang saat ini menjadi bagian dari Microsoft Edge Beta, Dev, atau Canary, Smart Find sudah bisa kamu gunakan.

Namun ada satu catatan penting nih guys, dimana Smart Find ini baru tersedia di Microsoft Edge for Windows, jadi khusus untuk pengguna Linux dan Mac, kamu belum bisa mendapatkan fitur ini.

Lalu apakah fitur ini akan menggantikan Find on Page?

Jawabannya tentu saja tidak, karena fiturnya masih sama yaitu Find on Page, namun nantinya akan ada peningkatan tambahan hasil dari implementasi AI didalam fitur tersebut.

Nah apakah fitur ini akan bermanfaat? Tentu saja, terutama jika kamu sering menggunakan fitur Find on Page, namun apakah kamu punya pendapat lain? Komen dibawah guys.

Via : Microsoft

Gylang Satria

Pengguna Windows 11, Elementary OS, dan Iphone SE 2020. Tag @gylang_satria di Disqus jika ada pertanyaan & jangan lupa beli buku saya di Google Play Book

Post navigation